Tim Hoki Unpad berhasil raih juara di ajang Pesta Olahraga Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Jakarta pada 25-29 Mei 2023.*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Tim Hockey Indoor Unit Hoki Unpad (UHU) berhasil meraih juara dalam sejumlah kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Prestasi pertama yang diraih dari ajang Sea Games 2023 di Kamboja, 1 – 7 Mei 2023 lalu. Pada ajang tersebut, dua atlet UHU menjadi perwakilan atlet Indonesia. Mereka adalah Citra Purbasari dan Alam Fajar Kusuma.

Alam bersama tim hoki putra berhasil meraih Juara I, sedangkan Citra bersama tim hoki putri berhasil meraih Juara III. Setiap tim, baik tim putra dan tim putri Indonesia berhadapan dengan lima negara lainnya, yaitu Malaysia, Thailand, Kamboja, Singapura, dan Filipina.

Pada hari pertama (1/5/2023), Tim putra Indonesia berhadapan dengan Singapura dan berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir 7 – 0. Demikian pula dengan tim putri Indonesia yang berhasil meraih kemenangan saat berhadapan dengan Kamboja dengan skor akhir 7 -1.

Pada hari kedua (2/5/2023), tim putra Indonesia berhasil mendapatkan kemenangan setelah berhadapan dengan Thailand dengan skor akhir 3 – 0, sedangkan tim putri Indonesia berhadapan dengan Singapura dan mendapatkan skor akhir 4 – 0.

Pertandingan demi pertandingan telah dilewati oleh tim putra Indonesia hingga akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Malaysia melalui PSO karena mendapatkan skor akhir yang sama 3 – 3.

Pertandingan serupa juga telah dilewati oleh tim putri Indonesia setelah berhadapan dengan Filipina dengan skor akhir 14 – 1. Namun, pada hari Kamis (4/5/2023), tim putri Indonesia mengalami kekalahan dengan perbedaan skor akhir yang tipis 2 – 3 untuk kemenangan Thailand.

Kompetisi lainnya, tim Hoki Unpad kembali berhasil mengharumkan nama Universitas Padjadjaran dengan meraih prestasi pada Pesta Olahraga Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Jakarta pada 25-29 Mei 2023 dengan meraih medali perak dari kategori putri, medali perunggu dari kategori putra, dan Juara Umum II.

Pada hari pertama pertandingan (25/5/2023) Tim Putra Unpad berhadapan dengan STKIP dan mengalami kekalahan dengan skor 6-0. Sementara Tim Putri Unpad menghadapi Universitas Gunadarma dan meraih kemenangan telak dengan skor 12-0.

Pada hari kedua (26/5/2023) Tim Putra Unpad berhadapan dengan Universitas Pancasila dan memenangkan pertandingan dengan skor akhir 11-0. Tim putri Unpad juga mendapatkan kemenangan dengan skor 3-1 saat berhadapan dengan tuan rumah.

Pada hari ketiga (27/5/2023) Tim Putra Unpad meraih poin seri dengan skor 2-2 berhadapan dengan Universitas Garut Sementara Tim Putri Unpad meraih kemenangan dari Universitas Pancasila (UP) dengan skor akhir 19-0.

Pada hari keempat (28/5/2023) Tim Putra Unpad berlaga di semifinal berhadapan dengan tuan rumah UNJ, tetapi tidak berhasil maju ke babak final. .

Kemudian pada hari terakhir pertandingan (29/5/2023) Tim Putra Unpad berhadapan dengan STIE untuk perebutan Juara 3 dan unggul dengan skor akhir 5-4. Sementara Tim Putri Unpad kembali berhadapan dengan tuan rumah di babak final, sayangnya langkah Tim Putri Unpad untuk meraih Juara pertama harus terhenti karena menerima kekalahan.

Tim Putra Unpad meraih medali perunggu sebagai Juara 3, sedangkat Tim Putri Unpad meraih medali perak sebagai Juara 2. Kedua perolehan medali tersebut mengantarkan Unpad menjadi Juara Umum 3 cabang olahraga hoki ruangan. (arm)*

Share this: