Sebanyak 37 Mitra Berpartisipasi dalam Unpad Jobfair 2023

jobfair
Pengunjung memadati stan perusahaan dalam pameran kerja "Unpad Jobfair 2023" yang digelar Pusat Pengembangan Karier Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur. No. 35 Bandung, Rabu (14/6/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran melalui Pusat Pengembangan Karier menggelar pameran kerja bertajuk “Unpad Jobfair 2023” bertema “Embrace Adversity Build Your Winning Career” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur. No. 35 Bandung, Rabu-Kamis (14-15) Juni 2023.

Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum. mengatakan bahwa Unpad Jobfair 2023 memberikan informasi mengenai kesempatan kerja, magang, beasiswa, studi lanjut dari beberapa perguruan tinggi luar negeri, dan konsultasi karier. Acara tersebut melibatkan 37 perusahaan dan perwakilan universitas, serta dapat diikuti secara gratis oleh masyarakat umum.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan impact yang luas terutama untuk mempersingkat masa tunggu mahasiswa atau alumni dan juga meningkatkan daya serap pencari kerja khususnya di kota Bandung dan sekitarnya,” harap dosen yang akrab disapa Amel tersebut.

Kegiatan tersebut juga terselenggara atas kolaborasi bersama FPIK Unpad sebagai salah satu rangkaian acara dies natalis ke-18 FPIK Unpad. Sejumlah perusahaan yang berbasis industri perikanan dan kelautanpun turut berpartisipasi dalam kegiatan Unpad job fair kali ini.

“Mari kita jadikan ajang Job Fair ini menjadi satu kesempatan emas buat kita semua untuk bertransformasi dari yang dulunya belajar menjadi aktivitas yang lebih riil dan lebih nyata lagi,” kata Dekan FPIK Unpad Dr.sc.agr Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si.

Yudi pun mengajak para hadirin melalui acara Unpad Jobfair 2023 ini untuk menjaga keberlanjutan potensi kelautan Indonesia.

“Dengan kegiatan Unpad Jobfair ini dan ada kerjasamanya dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di mana kita semua sama-sama menyadari Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, kita punya potensi laut yang begitu besar, mudah-mudahan kita juga bisa memanfaatkan keberlanjutan potensi tersebut untuk kita kelola secara bersama-sama,” harap Yudi.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T. Dalam sambutannya, Boy berharap acara ini dapat berkontribusi untuk menurunkan tingkat pengangguran.

“Alhamdulillah pada hari ini lebih dari 3000 lulusan ataupun mencari kerja atau magang yang telah terdaftar di Unpad Jobfair ini,” ungkap Boy.

Lebih lanjut Boy berharap, kegiatan ini dapat menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja. Ia mengungkapkan, mahasiswa Unpad telah diberikan modal bekerja serta kemampuan berinovasi dan dan berkreasi yang diharapkan dapat bermanfaat di dunia kerja.

Boy pun membuka kesepatan bagi sejumlah perusahaan yang ingin memberikan masukan mengenai kurikulum yang akan bermanfaat di dunia industri.

“Kami juga mengharapkan masukan-masukan dari perusahaan atau BUMN terkait dengan kurikulum yang kekinian, yang dapat bermanfaat untuk perusahaan atau BUMN. Kami sangat terbuka menerima masukan-masukan tersebut,” kata Boy.

Acara pembukaan Unpad Job Fair 2023 juga dihadiri Sekjen Kementerian Ketanagakerjaan Anwar Sanusi secara daring, Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Barat Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si., serta Kepala Disnaker Kota Bandung Andri Darusman. Pameran bursa kerja ditinjau langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. (arm)*

Share this: