Sambut Iduladha 1444 H, Unpad Salurkan 90 Ekor Hewan Kurban

Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Universitas Padjadjaran Ahmad Baehaqi, M.T., secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada perwakilan masyarakat, Selasa (27/6/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Menjelang Iduladha 1444 H, Universitas Padjadjaran menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat di sekitar kampus. Penyaluran hewan kurban dilaksanakan di Laboratorium Uji Pakan Fakultas Peternakan Unpad, Jatinangor, Selasa (27/6/2023).

Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Ahmad Baehaqi, M.T., mengatakan, tahun ini Unpad menyalurkan hewan kurban berjenis domba sebanyak 90 ekor kepada 13 desa di Kecamatan Jatinangor dan 2 desa di Kecamatan Sukasari, Sumedang; Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Coblong; serta wilayah di area kampus Arjasari dan PSDKU Pangandaran.

Selain memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat di sekitar lingkungan kampus, program kurban ini juga sekaligus memfasilitasi warga Unpad, khususnya tenaga kependidikan, yang hendak berkurban tetapi terkendala tidak punya biaya. 

“Konsepnya Unpad berikan hibah kepada warga Unpad yang akan berniat berkurban berupa satu ekor domba,” kata Ahmad.

Dengan kata lain, 90 ekor domba yang disalurkan seluruhnya merupakan atas nama dari para tenaga kependidikan dari 16 fakultas dan satu direktorat. Proses pemotongannya dititipkan ke desa-desa di sekitar kampus.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, para tenaga kependidikan yang mendapat fasilitasi untuk berkurban merupakan mereka yang dipilih pimpinan fakultas dan unit kerja. “Kriterianya punya kinerja baik, mau berkurban, bersedia menerima hibah dan menitipkan hewan kurbannya, serta beberapa pertimbangan lainnya,” imbuhnya.

Ahmad berharap, program Unpad berkurban ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekaligus memberikan motivasi bagi tenaga kependidikan untuk bisa berkinerja lebih baik. “Unpad memperhatikan para tenaga kependidikannya, khususnya pada ibadah kurban ini, Unpad pun memfasilitasi,” pungkasnya.*

Share this: