Prodi Keperawatan PSDKU Unpad Gelar Simulasi Penanganan Gempa Bumi dan Kebakaran

Suasana simulasi penanganan bencana gempa bumi dan kebakaran di kampus PSDKU Unpad, Pangandaran,, 8 Juni 2023 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Prodi Keperawatan PSDKU Universitas Padjadjaran di Pangandaran menggelar simulasi penanganan bencana gempa bumi yang disertai kebakaran di area kampus, 8 Juni 2023 lalu.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kewaspadaan sivitas akademika PSDKU Unpad Pangandaran atas bencana gempa di wilayah pesisir selatan Jawa Barat yang dapat berdampak langsung ke wilayah Pangandaran.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, disebutkan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisir dampak buruk jika gempa terjadi, salah satunya kebakaran yang dapat menambah korban jiwa.

Simulasi ini dilaksanakan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Pangandaran dan dinas terkait yang diharapkan dapat meningkatkan upaya kolaboratif dan partisipatif. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kekhasan Prodi Keperawatan di PSDKU Unpad Pangandaran terkait penanganan kegawatan pada daerah pariwisata (health tourism dan tourism of health).

Kepala Departemen Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis Yanny Trisyani W, S.Kp., MN., Ph.D mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Departemen Keperawatan Gawat Darurat sebagai pengelola mata kuliah untuk meningkatkan awareness mengenai bencana bagi sivitas akademika dan akan dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya.

Sementara itu, Kepala Kantor PSDKU Universitas Padjadjaran Pangandaran Dr. Bambang Hermanto, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan simulasi yang melibatkan sivitas akademika. Ia berharap dengan adanya simulasi ini, bisa menambah kesiapan seluruh sivitas akademika dalam menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Simulasi bencana ini dirancang dengan pendekatan penanganan bencana sesungguhnya. Dari semua peserta yang terlibat, ada peserta yang berperan menjadi korban dengan triase merah, kuning, hijau dan hitam; menjadi kepala BPBD; menjadi koordinator lapangan; tim triase; tim evakuasi; tim posko penanganan; tim ambulans; tim informasi; tim wartawan; tim dokumentasi; tim keamanan, dan tim pendukung. Sebelum kegiatan ini terlaksana, latihan sudah rutin dilaksanakan 3 kali 1 minggu.

Ketua Program Studi Keperawatan PSDKU Unpad Pangandaran Dr. Siti Yuyun Rahayu Fitri, S.Kp., M.Si turut mengapresiasi upaya yang dirancang mahasiswa Prodi Keperawatan angkatan 2020 ini. Ia berharap kegiatan ini dapat mendukung capaian prodi dan bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik pendaftaran mahasiswa baru.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh tim dari Departemen Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis diantaranya Anastasia Anna, S.Kp., M.Kes., Ph.D; Etika Emaliyawati, S.Kep., Ners., M.Kep., Aan Nur’aeni, S.Kep., Ners., M.Kep; Ristina Mirwanti, S.Kep., Ners., M.Kep; dan tim homebased PSDKU Donny Nurhamsyah, S.Kep., Ners., M.Kep; Siti Ulfah Rifaatul Fitri, S.Kep., Ners., MNS; Intan Febriyani Ramadhanti, S.Kep., Ners. (rilis)*

Share this: