Majelis Wali Amanat Gelar Rapat Laporan Tahunan Unpad 2023

MWA Unpad
Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran Arief Yahya bersama Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menandatangani Berita Acara Hasil Rapat Laporan Tahunan Unpad Tahun 2023 yang digelar di Executive Lounge, Gedung 2 Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (16/6/2023).*

[Kanal Media Unpad] Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran menggelar Rapat Laporan Tahunan Unpad 2023 (Tahun Buku 2022) di Executive Lounge, Gedung 2 Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (16/6/2023).

Rapat tersebut diisi dengan Pidato dan Presentasi Ketua MWA Unpad Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., serta Pidato Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengenai Laporan Tahunan Unpad Tahun Buku 2022, Laporan Keuangan Keuangan Konsolidasian Unpad Tahun 2022 , serta Pemaparan Proyeksi Program Kerja Utama Unpad Tahun 2023.

“Ini adalah merupakan salah satu pelaksanaan dari good university governance,” kata Arief Yahya mengenai pentingnya rapat tersebut.

Menurutnya, konsekuensi dari PTN BH yaitu good university governance, jadi sistem tata kelola yang bagus. Dengan demikian, perlu ada prinsip transparansi.

“Jadi makin kita kelola secara transparan akan makin bagus dan menunjukkan salah satu fungsi MWA itu adalah sebagai dewan pengawas sebagaimana komisaris di perusahaan,” kata Arief Yahya.

Dalam pidatonya, Rektor mengatakan bahwa Unpad konsisten menjalankan apa yang tertuang di statuta dan renstra. Dalam program yang tertulis di RKAT 2022 terdapat empat hal, yaitu penguatan kualitas akademik, peningkatan rekognisi nasional dan internasional, hybrid university, dan kemandirian PTNBH.

“Atas keempat ini beberapa hasil menunjukkan menggembirakan namun beberapa hal lain mendapat catatan untuk dilanjutkan,” ungkap Rektor.

Beberapa capaian disampaikan Rektor, salah satunya adalah peningkatan rekognisi internasional. Hal ini juga terlihat dari penambahan prodi yang mendapat akreditas internasional.

“Jadi memang ada ada korelasi yang kuat antara tentu saja penguatan kualitas dengan rekognisi internasional,” ujar Rektor.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan Berita Acara Hasil Rapat Laporan Tahunan Unpad 2023 oleh Ketua MWA dan Rektor Unpad.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga Pembacaan Surat Keputusan MWA oleh Wakil Ketua Komite Audit Prof. Dr. Ir. Roni Kastaman, M.SIE.

Surat Keputusan tersebut tentang Penetapan Hasil Rapat Laporan Tahunan Unpad Tahun 2023 yang berisikan persetujuan dan penegsahan laporan tahunan Unpad tahun buku 2022, persetujuan dan pengesahan laporan keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2002, persetujuan atas laporan tugas pengawasan MWA Unpad,serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada Rektor, MWA, dan Senat Akademik atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2022 (volledig acquit et decharge), serta penetapan kantor akuntan publik (KAP) Unpad tahun 2023.

Acara yang dibuka oleh Wakil Ketua MWA Unpad Prof. Dr. Arry Bainus, MA. ini dihadiri juga oleh sejumlah pimpinan Unpad, serta Kadisdik Jabar Drs. Wahyu Mijaya, SH., M.Si  yang mewakili Gubernur Jawa Barat. (arm)*

Share this: