FH Unpad Gelar Webinar Perkembangan “Commercial Arbitration”

Suasana webinar “Current Development on Commercial Arbitration: Interim Measure” pada Sabtu (24/6/2023).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran melalui Unit Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas Hukum (UKMFH) Moot Court Society menyelenggarakan webinar “Current Development on Commercial Arbitration: Interim Measure” pada Sabtu (24/6/2023).

Webinar ini merupakan bagian rangkaian Pre-Event dari “Mochtar Kusumaatmadja International Commercial Arbitration Moot” dan dihadiri oleh para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Webinar ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Dr. Anangga W. Roosdiono, S.H., LL.M., FCBArb., (Kepala Badan Arbitrase Nasional Indonesia), Assoc. Prof. Dr. Danrivanto Budhijanto, S.H., LL.M in IT Law, FCBArb., FIIArb. (Dosen Cyberlaw dan Hukum Arbitrase FH Unpad), Dyah Ayu Paramita, S.H., LL.M (Praktisi Arbitrase), dan Dr. Prita Amalia, S.H., M.H., AIIARB (Kepala Departemen Hukum Transnasional Bisnis FH Unpad).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Dr. Idris, S.H., M.A. mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan mengharapkan kompetisi “Mochtar Kusumaatmadja International Commercial Arbitration Moot” menjadi salah satu kompetisi moot arbitration yang di rekognisi secara nasional maupun internasional.

Webinar ini diselenggarakan dalam empat sesi yang dipandu oleh dosen Fakultas Hukum Unpad Mursal Maulana S.H., M.H. sebagai moderator. Sesi pertama dibuka oleh Dr. Anangga W. Roosdiono, S.H., LL.M., FCBArb yang membahas mengenai pengertian arbitrase, prinsip-prinsip penyelesaian sengketa berdasarkan arbitrase, dan perkembangan kontemporer arbitrase komersial di abad ke-21.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Assoc. Prof. Dr. Danrivanto Budhijanto, S.H., LL.M in IT Law, FCBArb., FIIArb. yang membahas mengenai Lex Arbitri: Arbitration Principles and Procedural Law yang berisikan prinsip dan tata cara pelaksanaan arbitrase.

Selanjutnya, Dr. Prita Amalia, S.H., M.H., AIIARB membahas mengenai International Commercial Arbitration dan instrumen hukum yang terkait dengan arbitrase seperti Model Arbitration Law yang dikeluarkan oleh UNCITRAL. Selain itu, ia juga membahas beberapa keuntungan dari menyelesaikan sengketa dengan menggunakan arbitrase dan sedikit mengenai International Arbitration Award.

Pada sesi terakhir yang diisi oleh Dyah Ayu Paramita, S.H., LL.M., dibahas Interim Measures in International Commercial Arbitration dalam perspektif ia sebagai praktisi hukum.

Dengan diadakannya webinar ini, peserta dapat mendalami pemahaman dan memperluas pengetahuannya mengenai arbitrase komersial dalam lingkup nasional maupun internasional, khususnya pada topik Interim Measure.

Webinar ini juga diharapkan dapat membantu para delegasi The 2nd Mochtar Kusumaatmadja Commercial Arbitration Moot Competition untuk dapat mempertajam kemampuan analisisnya, sehingga dapat mempermudah mereka dalam mengkaji kasus posisi yang diberikan. (rilis)*

Share this: