MBKM Unpad
Mahasiswa bekerja sama menjawab pertanyaan yang diajukan pada babak semi final Lomba Cerdas MBKM yang digelar di di Bale Rucita, Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (20/2/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media Unpad] Untuk meningkatkan pemahaman sivitas akademika mengenai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Padjadjaran menggelar Lomba Cerdas MBKM antar fakultas. Babak penyisihan dan semi final dilaksanakan di Bale Rucita, Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (20/2/2023).

Lomba Cerdas MBKM ini dibuka secara resmi oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam. Lomba ini diikuti 13 tim yang merupakan perwakilan dari sejumlah fakultas di lingkungan Unpad.

Satu tim terdiri dari dua mahasiswa dan satu dosen yang sebelumnya telah melalui tahap seleksi internal fakultas masing-masing. Setiap tim mengikuti kompetisi dengan menjawab pertanyaan seputar MBKM Dikti dan Unpad secara berebut.

“Dengan adanya kompetisi ini akan menarik minat dan juga meningkatkan rasa penasaran, rasa ingin bersaing, dan rasa ingin juara, sehingga para kontestan akan belajar dari materi, pedoman, dan modul MBKM pun pengetahuan mereka akan bertambah karena para peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen,” terang Kepala Kantor Kemitraan Alumni Unpad sekaligus Ketua Penyelenggara Acara Dr. Risna Resnawaty, M.P.

Pada babak hari pertama, telah terpilih tiga tim terbaik, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, dan Fakultas Psikologi. Tiga tim ini akan berlaga di babak final Cerdas pada acara Festival Kampus Merdeka 5.0 di Bale Santika Unpad, Jatinangor Rabu (22/2/2023).

Festival Kampus Merdeka 5.0

Suasana babak semi final Lomba Cerdas MBKM antar fakultas yang dilaksanakan di Bale Rucita, Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (20/2/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Risna menjelaskan, selain puncak lomba cerdas MBKM, Festival Kampus Merdeka kali ini akan menggelar berbagai kegiatan seperti talkshow mengenai Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar, dan IISMA, serta informasi kesempatan magang di multinational cooperation Pertamina International Shipping.

Selain itu, pada Festival Kampus Merdeka juga dilakukan pembukaan program MBKM flagship Unpad seperti social design, proyek lingkungan, dan proyek kemanusiaan. Acara juga akan dimeriahkan penampilan dari band fakultas.

 “Harus hadir di acara hari Rabu karena kami mengundang narasumber utama dari Dikti, kemudian kita juga mengundang perusahaan multinational cooperation, dan voucher untuk 300 peserta utama bagi yang registrasi on the spot. Ajaklah teman kamu sebanyak-banyaknya. Tangkap informasi sejelas mungkin. Nikmati acaranya karena pasti akan sangat menarik,” pungkas Risna.(art)*

Share this: