Tim Swakelola Unpad-Pertamina EP Zona 1 Gelar Pelatihan Komunikasi dan Administrasi

Suasana pelatihan komunikasi dan administrasi yang digelar Tim Swakelola Universitas Padjadjaran-Pertamina EP Zona 1 di EL Royale Hotel, Bandung, Jumat (27/1/2023) dan Sabtu (28/1/2023) lalu.*

Laporan oleh Rizky Firmansyah

[Kanal Media Unpad] Tim Swakelola Universitas Padjadjaran-Pertamina EP Zona 1 menggelar pelatihan komunikasi dan administrasi. Kegiatan bertema “Minutes of Meeting, Mediasi dan Teknik Negosiasi, serta Perancangan Kontrak” ini digelar di EL Royale Hotel, Bandung, Jumat (27/1/2023) dan Sabtu (28/1/2023) lalu.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Pusat Riset Sumber Daya Air dan Energi DRPM Unpad Dr. Bombom Rachmat Suganda, S.T., M.T. Adapun materi pelatihan disampaikan oleh Ketua Pusat Riset Inovasi Sumberdaya dan Kewilayahan  yang juga Dosen Fakultas Hukum Unpad Dr. Prita Amalia, S.H., M.H.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, Bombom mengatakan, pemilihan tema pelatihan dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi dan administrasi bagi Tim Swakelola Unpad-Pertamina EP Zona 1. Sehari-hari, tim tidak terlepas dari pelaksanaan mediasi dan negosiasi serta pembuatan dokumen hukum, seperti minutes of meeting dan kontrak.

“Terlebih komponen-komponen ini dalam praktiknya saling berkaitan. Dasar pembuatan kontrak adalah dokumen minutes of meeting yang poin-poinnya didapat dari kesepakatan mediasi dan negosiasi,” kata Bombom.

Pelatihan ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama adalah pemaparan materi mengenai minutes of meeting, mediasi dan teknik negosiasi, serta perancangan kontrak. Sementara sesi kedua merupakan diskusi mengenai materi yang sudah disampaikan pada sesi sebelumnya. Di antara ketujuh peserta, hadir PIC Administrasi Swakelola Unpad-Pertamina EP Zona 1 Dr. Eleonora Agustine, M.T..

Kegiatan pelatihan ditutup dengan Walking Tour Kota Bandung pada Sabtu (28/1/2023). Para peserta mengunjungi sejumlah landmark di Kota Bandung, seperti Museum Mandala Wangsit, Titik Nol Kilometer Bandung, dan Hotel Savoy Homann. Dipandu oleh Dinas Pariwisata Kota Bandung. (rilis)*

Share this: