Rektor Resmikan Kafetaria “Oseano Resto & Café” FPIK Unpad

Oceano Resto & Café
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti memasangkan gembok sebagai simbolis peresmian kafetaria "Oceano Resto & Café" di kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad, Jatinangor, Rabu (22/2/2023). (Foto: Arif Maulana)*

Laporan oleh Arif Maulana dan Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti meresmikan fasilitas kafetaria dan gudang beku (cold storage) portabel di kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Jatinangor, Rabu (22/2/2023). Dua fasilitas tersebut dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa di lingkungan FPIK Unpad.

Peresmian ditandai dengan pemasangan “gembok cinta” bertulisan nama Rektor Unpad di pagar yang tersedia. Dalam peresmian tersebut, hadir pimpinan universitas dan fakultas, Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor, serta sejumlah dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dari FPIK maupun fakultas lain di lingkungan Unpad.

Dekan FPIK Unpad Dr.sc.agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si., mengatakan, fasilitas kafetaria bernama “Oceano Resto & Café” ini merupakan salah satu wahana bagi mahasiswa untuk memperdalam keilmuannya dalam melakukan pengolahan hasil perikanan.

“Ini adalah salah satu wahana yang melengkapi fasilitas lain untuk pembelajaran mahasiswa,” ujar Yudi.

Dalam mendukung praktik pembelajaran mahasiswa, FPIK Unpad telah mengembangkan berbagai fasilitas. Mulai dari keramba jaring apung untuk budi daya komoditas perikanan unggulan di Pangandaran, perolehan hibah dua kapal tangkap dari Kemendikbudristek, serta fasilitas gudang beku hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Selain itu, FPIK Unpad memiliki unit bisnis unggulan bernama “Masterfish” atau produk olahan ikan beku karya mahasiswa dan alumni. Masterfish didorong menjadi produk hilirisasi bernilai tinggi dan memiliki daya saing.

Beragam fasilitas dan unit bisnis tersebut kemudian dipadukan melalui fasilitas kafetaria “Oceano Resto & Café”. Menurut Yudi, pengembangan wahana pembelajaran berbasis kafetaria ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan mahasiswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal.

“Kita buat tempat ini senyaman mungkin, sehingga jadi tempat inspirasi bagi mahasiswa,” ujar Yudi.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, hadirnya “Oceano Resto & Café” ini mendukung upaya Unpad untuk meningkatkan fasilitas yang membuat mahasiswa nyaman saat berada di kampus. “Kita harus menyediakan kantin untuk mahasiswa kita dengan enak, terjangkau, dan sehat,” kata Rektor.

Rektor mengungkapkan bahwa kantin tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahasiswa. Adanya kantin menjadi suatu kebutuhan mahasiswa, tidak hanya sebagai tempat untuk makan, tetapi juga tempat hiburan selama di kampus.

Karena itu, Rektor mendorong fakultas lain juga menyediakan kantin yang kekinian bagi mahasiswa. Selain itu, Rektor juga mendorong kantin fakultas memiliki ciri khasnya, seperti yang dikembangkan oleh FPIK Unpad.

“Identitas FPIK adalah ikan dan laut, hal ini tampak dari hidangan di kafenya sehingga diharapkan ini bisa menjadi etalasenya Unpad,” kata Rektor.*

Share this: