Rektor Dorong Mahasiswa Baru Pascasarjana Jadi Bagian dalam Jalankan Visi Unpad

pascasarjana unpad
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama pimpinan universitas dan fakultas melakukan pertemuan dengan mahasiswa baru Program Pascasarjana dalam acara Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023 di Grha Sanusi Hardjadinata, Rabu (15/2/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu (15/2/2023). Acara ini diikuti oleh mahasiswa baru Pascasarjana dari berbagai program studi.

Salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu “Rektor Menyapa Mahasiswa Pascasarjana”. Pada kesempatan tersebut, Rektor berharap mahasiswa dapat berhasil menjalankan studi, selesai tepat waktu, serta berkualitas baik. Lulusan pun diharapkan menjadi sumber daya manusia unggul.

“Mohon dikenang peristiwa pagi ini adalah untuk menancapkan tekad bahwa Anda semua semoga bisa lulus tepat waktu dengan kualitas studi yang baik,” tutur Rektor.

Rektor berpesan bahwa mahasiswa Unpad harus paham visi Unpad dan menjadi bagian dalam menjalankan visi tersebut.

“Anda ada di dalamnya untuk bersama kami mewujudkan Unpad sebagai penyelenggara pendidikan tinggi kelas dunia,” ujar Rektor.

Rektor juga mendorong mahasiswa untuk mampu menghasilkan karya yang unggul di tingkat nasinal dan dunia.

“Demikian yang ingin kami ajak adalah Anda harus masuk dalam bagian warga Unpad yang mampu mendorong Unpad dan termasuk diri anda sendiri memiliki daya saing internasional,” jelas Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, Unpad berkomitmen memberikan layanan pendidikan secara profesional dan akuntabel. Mahasiswa pun diharapkan dapat menjalani kegiatan sesuai dengan sistem yang ada.

Selain itu, Rektor meminta kepada para mahasiswa Pascasarjana untuk menjadi insan akademik yang dapat menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal. Rektor juga menjelaskan bahwa Unpad sudah menerapkan sikap menjunjung tinggi budaya Sunda sebagai budaya lokal serta mengedepankan nilai-nilai kebajikan yang ada di dalan budaya Sunda.

“Mohon tetap kita berdaya saing dan bergaul dengan masyarakat dunia tetap mengedepankan jati diri kita sebagai insan akademik dengan torehan budaya yang kuat,” ujar Rektor.

Lulusan Pascasarjana Unpad pun diharapkan dapat memiliki kemampuan kepemimpinan intelektual. Unpad akan memosisikan lulusan Pascasarjana sebagai talenta intelektual yang tangguh atau high end talent.

Rektor berpesan kepada para mahasiswa untuk menjauhkan diri dari niat melakukan hal-hal yang tidak menjunjung etika akademik. “Pada waktunya, profil mahasiswa Pascasarjana kita adalah mampu bersama kami (Unpad) menguatkan keunggulan akademik, academic excellence Unpad, yang tadi akan direkognisi oleh global, maka jadilah Unpad bereputasi dunia lewat riset-riset dan karya-karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal bereputasi internasional,” ujar Rektor.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., Phd., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Keuangan Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H., Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D., serta para Dekan dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran. (arm)*

Share this: