IISMA Berhasil Wujudkan Mimpi Daffa Raihan Rasendrianto untuk Belajar di Korea Selatan

IISMA Unpad
Daffa Raihan Rasendrianto.*

Laporan oleh Riwisna Putunanga

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Padjadjaran Daffa Raihan Rasendrianto memiliki mimpi untuk belajar di Korea Selatan. Impian tersebut akhirnya berhasil terwujud setelah Raihan terpilih menjadi peserta program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.

Program IISMA berhasil membuka kesempatan Raihan untuk belajar di Korea University selama enam bulan, terhitung dari 18 Agustus hingga 23 Desember 2022 lalu. “Saya kan semester 6 saat itu, and this is my last chance. Kalau saya tidak ikut sekarang, mungkin kesempatan seperti ini tidak akan datang lagi” kata Raihan.

Saat diwawancarai Kanal Media Unpad Raihan menuturkan, selama sebulan dirinya mempersiapkan diri untuk mengikuti IISMA. Selain persiapan administrasi, persiapan mental juga menjadi hal penting.

“Dari rangkaian seleksi yang paling bikin deg-degan saat interview. Namun karena semua persyaratan sudah dilengkapi, saya percaya diri saja. Waktu itu saya juga harus sudah siap dengan apapun hasilnya” tuturnya.

Berhasil belajar di perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan, Raihan belajar mengenai communication cultural diversity and media selama empat bulan. Di kelas tersebut, ia mempelajari mengenai budaya dan media. Metode yang diterapkan ialah discussion based, mahasiswa diminta untuk berdiskusi mengenai satu topik yang diberikan oleh dosen. 

Dari proses belajar tersebut, Raihan menemukan bahwa kebiasaan berdiskusi ternyata sangat umum dilakukan di kelas di Korea Selatan. Setiap mahasiswa didorong untuk belajar saling menghargai perspektif setiap orang. Perbedaan pendapat bukan menjadi hal yang salah tetapi justru menambah pengetahuan yang belum diketahui.

“Dari sini saya lebih berani untuk mengutarakan opini dan jadi tidak takut untuk salah, ya karena kita sama-sama belajar,” kata Raihan.

Tidak hanya belajar di kelas, Raihan juga mengikuti kegiatan Korea University Buddy Assistants (KUBA) yang diselenggarakan oleh kampus dan bergabung dengan klub Languages Exchange Communication Associations (LECA).

“Ikut dua kegiatan tersebut memberikan saya kesempatan untuk menjadi representative Indonesia untuk teman-teman Korea dan internasional lainnya,” tambahnya.

Ia pun memberikan sedikit tips dan trik bagi yang ingin ikut IISMA. Mempersiapkan diri sematang mungkin wajib dilakukan karena persyaratan untuk mengikuti program ini sangatlah ketat. “Tidak hanya dokumen atau berkas-berkas, tapi persiapkan diri secara mental misalnya saat interview berpakaian yang rapi dan percaya diri, cause I’m taking this seriously. Saya rasa itu penting juga,” kata Raihan. (arm)*

Share this: