Implementasi MBKM, Prodi Sosiologi Unpad dan Sosiologi Agama UINSU Gelar Webinar Bersama

Suasana Webinar Sosiologi Ekonomi yang digelar Prodi Sosiologi Unpad bekerja sama dengan Prodi Sosiologi Agama Fakultas ILmu Sosial UIN Sumatera Utara, Senin (5/12/2022) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran menggelar webinar Sosiologi Ekonomi bekerja sama dengan Prodi Sosiologi Agama Fakultas ILmu Sosial UIN Sumatera Utara, Senin (5/12/2022) lalu.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Prodi Sosiologi Agama UINSU Dr. Sakti Ritonga. Sakti mengapresiasi terimplementasinya kerja sama antara dua prodi tersebut sebagai aplikasi dari agenda visiting lecturer seperti yang diamanatkan dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Secara umum, agenda ini merupakan tindak lanjut hasil persetujuan Perjanjian Kerja Sama antara Prodi Sosiologi Unpad dan Prodi Sosiologi Agama UINSU pada November 2022 lalu. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Webinar Sosiologi Ekonomi ini diisi pembicara kunci Ketua Prodi Sosiologi Unpad Dr. Hery Wibowo yang mengupas tema “Strenghtening Empowering Profession: Social Entrepreneurship as a Powerfull Tools for Society Empowerment”.

Hery menjelaskan, acara ini merupakan upaya memenuhi target pertemuan minimal dari kerjasama akademik visiting lecture, Mata Kuliah Sosiologi Ekonomi dari kedua prodi.

“Acara ini juga diharapkan dapat menjadi pintu gerbang implementasi ragam agenda kerjasama yang lebih luas seperti penelitian bersama, pengelolaan jurnal bersama maupun aktivitas pengabdian masyarakat oleh civitas akademika dari kedua program studi,” ujarnya.

Pemateri utama pada webinar merupakan mahasiswa Prodi Sosiologi Unpad angkatan 2021 yang telah melakukan kajian intensif mengenai berbagai isu sosiologi ekonomi.

Materi tersebut, yaitu: “Pemberdayaan Masyarakat pada Sektor Ekonomi Informal” oleh M. Hasnan Atlandi, “Potensi Fashion Vintage dan Retro Dalam Perkembangan Industri Kreatif” oleh Thoriq M. Ramadhan, “Tiba-Tiba Tenis: Wujud Gebrakan Media Digital Vindes Pada Industri Kreatif dan Olahraga” oleh Zhahrina, “Mengenal Social Enterprise Sebagai Sebuah Fenomena Sosiologi Ekonomi” oleh Salma Aisyah, “Perkembangan dan Penggunaan QRIS sebagai Bentuk Digitalisasi Pembayaran” oleh Alifa Rosmasaid, dan “Fenomena Sharing Economy di Indonesia: Studi Kasus Gojek” oleh Rafi Ahmad.

Acara dimoderatori Dosen Pengampu mata kuliah Sosiologi Ekonomi Unpad Farah Puteri Firsanty, M.Sos.

Hery yang juga pembina mata kuliah Sosiologi Ekonomi menjelaskan, tujuan digelarnya webinar ini selain mengimplementasikan amanat MBKM, juga mendorong mahasiswa berani tampil mempresentasikan hasil kajiannya yang didasarkan pengamatan terhadap fenomena sosial ekonomi serta dikupas dengan konsep dan teori sosiologi.

“Selain itu, tentunya juga untuk membuka seluas-luasnya ragam potensi kerjasama akademik, yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dari kedua belah Prodi,” kata Hery. (rilis)*

Share this: