Disabisa Unpad Luncurkan Video Pelatihan Kreator Konten bagi Teman Disabilitas

Tangkapan layar website Disabisa Unpad.*

[Kanal Media Unpad] Platform pembelajaran komunikasi bagi teman difabel Universitas Padjadjaran “Disabisa Unpad” meluncurkan video seri pelatihan menjadi content creator media sosial bagi teman disabilitas rungu.

Video seri pelatihan menjadi kreator konten bagi teman tuli ini merupakan program kedua yang diluncurkan Disabisa Unpad setelah sebelumnya meluncurkan video seri pelatihan public speaking bagi disabilitas netra dan disabilitas daksa, 2021 lalu.

Managing Director Disabisa Unpad Dr. Ira Mirawati, M.Si., mengatakan, hadirnya video seri menjadi kreator konten media sosial di website resmi Disabisa Unpad dilakukan untuk memberikan kesempatan pada teman-teman disabilitas rungu agar dapat belajar secara mandiri menggunakan gawai di mana pun kapan pun.

“Dengan keterampilan membuat konten media sosial, mereka bukan hanya akan memiliki kesempatan menyampaikan ide-idenya, lebih lanjut bahkan bisa mendapatkan penghasilan sebagai content creator,” kata Ira.

Video-video tersebut dilengkapi dengan bahasa isyarat dan teks yang memudahkan teman disabilitas untuk memahaminya. Adapun rangkaian materi yang disediakan meliputi perkenalan profesi kreator konten, keterampilan dasar kreator konten, mencari ide untuk konten, pencahayaan foto, komposisi foto dan gambar, fotografi dan videografi dengan ponsel pintas, mengedit video sederhana, serta bagaimana mendapatkan penghasilan dari media sosial.

Selain bagi teman-teman disabilitas rungu, materi-materi yang disajikan disabisa juga dapat  dipelajari masyarakat umum. Disabisa dapat diakses di https://disabisa.unpad.ac.id/.

Ira menjelaskan, Disabisa merupakan platform yang menyediakan rangkaian pelatihan komunikasi bagi teman-teman disabilitas yang dikembangkan oleh Fikom Unpad dengan bantuan dana inovasi pembelajaran dan teknologi asistif bagi mahasiswa di perguruan tinggi dari Kemendikbudristek RI. (rilis)*

Share this: