UPZ Baznas Unpad Salurkan Beasiswa kepada 83 Mahasiswa

Ketua UPZ Baznas Universitas Padjadjaran Dr. Hazbini, M.Ag, secara simbolis menyerahkan beasiswa program "Smart Scholarship 2022" kepada Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Ofiar Murwanti, M.IB., dalam acara Peluncuran dan Pembekalan Penerima Beasiswa UPZ Baznas Unpad Smart Scholarship 2022 yang digelar di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (10/10/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 83 mahasiswa Universitas Padjadjaran menerima beasiswa program Smart Scholarship 2022 dari UPZ Baznas Unpad. Beasiswa tersebut diperoleh melalui zakat yang dikumpulkan dari para muzaki di lingkungan Unpad.

Penyerahan beasiswa diberikan secara simbolis Kepala UPZ Baznas Unpad Dr. Hazbini, M.Ag., kepada Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Ofiar Murwanti, M.IB., dalam acara Peluncuran dan Pembekalan Penerima Beasiswa UPZ Baznas Unpad Smart Scholarship 2022 yang digelar di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (10/10/2022).

“UPZ Baznas Unpad dengan kapasitas yang ada Insyaallah akan salurkan Beasiswa Smart Scholarship kepada 83 mahasiswa,” tutur Hazbini dalam sambutannya.

Lebih lanjut Pengurus UPZ Unpad Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Yudi Ahmad Faisal, S.E., CIFP, menjelaskan, beasiswa ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan pengembangan kapasitas mahasiswa melalui program pemberdayaan zakat di Unpad.

Tercatat, sebanyak 115 mahasiswa mendaftar untuk menjadi penerima beasiswa ini. Pihak UPZ Baznas Unpad kemudian menyeleksi dari sisi kelengkapan berkas administrasi dan pemilihan melalui FGD untuk menilai sejauh mana kontribusi pendaftar dalam mengikuti program UPZ. Dari seleksi tersebut terpilih 83 mahasiswa yang berhak menjadi penerima beasiswa.

“Alhamdulillah, mereka yang mendapatkan beasiswa UPZ Unpad, akan diberikan senilai Rp 300 ribu per bulan selama lima bulan,” kata Yudi.

Para penerima beasiswa diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan jumlah muzaki di lingkungan Unpad. Dari 83 penerima beasiswa tersebut, ditargetkan akan menjaring lebih dari 100 muzaki baru di lingkungan Unpad.

Senada dengan Yudi, Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani, PhD, juga mendorong agar sivitas akademika dan tenaga kependidikan makin banyak yang menjadi muzaki di UPZ Baznas Unpad.

“Kita dorong berikan syiar bahwa setiap yang melaksanakan zakat ke Unpad akan kembali untuk kemajuan Unpad. Dana zakat yang terumpul akan kembali ke Unpad,” ujarnya.

Untuk itu, ia mendorong UPZ Baznas Unpad lakukan roadshow ke berbagai fakultas dan unit kerja untuk menggalakkan setiap warga Unpad agar mau menjadi muzaki. “Tidak hanya beasiswa, program ini juga bisa digunakan untuk membantu UKT dan berbagai program bermaslahat lainnya,” pungkasnya.*

Share this: