Resmi Dibentuk, Gugus Depan Gerakan Pramuka Basis Unpad

gugus depan gerakan pramuka
Kepala Kwarcab Pramuka Kota Bandung H.M. Ridlo Eisy melantik Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka Basis Unpad dalam acara pelantikan yang digelar di Halaman Bale Rumawat Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Jumat (28/10/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran secara resmi membentuk Gugus Depan Gerakan Pramuka beserta Majelis Pembimbing Gugus Depan. Gugus depan dengan nama Gugus Depan Padjadjaran Kota Bandung 06015-06016 Pangkalan Universitas Padjadjaran ini telah memiliki pengurus dengan masa bakti 2022 – 2024.

Pelatikan Pengurus Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus) Depan dan Pengurus Gugus Depan Padjadjaran Kota Bandung 06015 – 06016 digelar di halaman Bale Rumawat Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (22/10/2022).

Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Gugus Depan Unpad dilakukan Kepala Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bandung H.M. Ridlo Eisy kepada Ketua Mabigus Unpad yang juga Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Sementara pelantikan Pengurus Gugus Depan Unpad 06015 – 06016 dilakukan langsung oleh Prof. Rina Indiastuti. Acara pelantikan ini juga dihadiri Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Atalia Praratya Kamil.

Dalam sambutannya Ridlo mengungkapkan, hadirnya Gugus Depan Unpad diharapkan dapat berkontribusi dapat memperkuat persatuan Indonesia. Pramuka yang dinilai sebagai garda terdepan persatuan Indonesia harus tetap menjadi lembaga yang mampu menyatukan beragam perbedaan.

Ia pun mengapresiasi langkah Unpad dalam membentuk Gugus Depan. Langkah ini diharapkan dapat menginspirasi perguruan tinggi lain untuk membentuk Gugus Depan sendiri.

Sementara itu, Atalia mengungkapkan, Pramuka merupakan organisasi wajib yang melekat di setiap level pendidikan. Mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Melalui Pramuka, generasi muda didorong untuk siap menghadapi tantangan di masa depan.

Sebagai provinsi dengan jumlah anggota yang besar, Atalia mendorong generasi muda Pramuka di Jawa Barat untuk aktif dalam gerakan kepramukaan atas inisiatif sendiri. Ia pun mengapresiasi upaya berbagai gugus depan yang sudah memberikan program yang sesuai untuk pembentukan karakter kepemudaan.

“Kita serahkan kepada Kwarcab dan Gudep bagaimana mengembangkan dan memperkaya apa yang akan kita berikan kepada anak-anak kita supaya mereka betul-betul tangguh menghadapi tantangan di masa depan,” tuturnya.

Menanggapi dorongan ini, Ketua Harian Gugus Depan Gerakan Pramuka Unpad Prof. Ganjar Kurnia mengatakan, ada beberapa rencana kegiatan yang akan dilakukan. Utamanya adalah meningkatkan aktivitas UKM Pramuka di lingkungan Unpad.

“Jadi UKM-nya yang muncul, bukan Gudep-nya,” kata Prof. Ganjar.

Prof. Ganjar mengungkapkan, di bidang membangun masyarakat, beberapa program yang dilakukan di antaranya adalah melakukan bina lingkungan di sekitar wilayah Jatinangor, hingga integrasi dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Selain itu, ada pula rencana program perkemahan bagi anak-anak di sekitar Jatinangor sekaligus mengenalkan berbagai fasilitas keilmuan di Unpad.

Adapun Pengurus Mabigus dan Gugus Depan Gerakan Pramuka Basis Unpad adalah sebagai berikut:

Ketua Mabigus : ex-officio Rektor Univ Padjadjaran

Wakil Ketua : ex-officio Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Univ Padjadjaran

Ketua Harian : Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA

Sekretaris : ex-officio Direktur Kemahasiswan Univ Padjadjaran

Wakil Sekretaris : Dr. H. Yayan Sumekar, SP., MP.

Anggota Mabigus :

1. Ex-officio Direktur Sarpras Univ Padjadjaran

2. Ex-officio Direktur Tata Kelola Univ Padjadjaran

3. Ex-officio Sekretaris Direktur Kemahasiswaan Univ Padjadjaran

4. Dr. Dr. Rahman Mulyawan, Drs., M.Si

5. M. Ali Mauludin, S.Pt., M.Si

6. Dr. Budiawati Supangkat, M.A.

7. Ketua Gudep KB 06015

8. Ketua Gudep KB 06016

Pengurus Gudep

Ketua Gudep Putera : Dr. Mohamad Nurzaman, M.Si

Ketua Gudep Puteri : Prof. Dr.apt. Sri Adi Sumiwi, M.S.

Pembina Satuan

Racana Putera : Devi Rahardiono, S.IP

Racana Puteri : Dr. Sri Rahayu Astuti M.Si, Psikolog

Ambalan Putera : Dicky Naufal Ahmad, SE

Ambalan Puteri : Ir. Sitti Wahyuna Bintari, M.Si.

Pembantu Pembina Ambalan Puteri : Yuyung Fithrianti, S.P.*

Share this: