Fapet Unpad Gelar Pelatihan Peternakan kepada Warga Sumedang

peternakan
Foto bersama peserta dan pemateri "Pelatihan Budi Daya Domba yang Terintegratif” yang digelar Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Kamis (20/10/2022).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menggelar pelatihan bagi perangkat desa dan Ibu-ibu PKK di wilayah Kabupaten Sumedang. Pelatihan yang digelar di kampus Fapet Unpad, Jatinangor, Kamis (20/10/2022) ini digelar sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis ke-59 Fapet Unpad.

Ada dua tema pelatihan yang digelar Fapet Unpad. Pelatihan pertama bertajuk “Pelatihan Budi Daya Domba yang Terintegratif” dengan peserta Ibu-ibu PKK. Sementara pelatihan kedua bertajuk “Pelatihan Perencanaan Pembangunan Peternakan di Pedesaan” dengan peserta para Kepala Desa dan Ketua Bumdes.

Dekan Fapet Unpad Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.Sc., IPM., mengatakan, pelatihan ini digelar sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Fapet. “Pelatihan ini merupakan wujud dari tugas kami sebagai akademisi yang memiliki tugas tridarma perguruan tinggi. Jangan sampai dosen  mengembangkan berbagai macam ilmu dan penelitian tapi masyarakat tidak mengetahui bahkan tidak mengimplementasikannya,” ujarnya.

Khusus mengenai pelatihan di bidang peternakan, Rahmat berharap peserta pelatihan dapat memahami dunia peternakan secara utuh, baik dilihat dari teknis budi daya, sosial ekonomi, hingga pengolahan hasil ternaknya, supaya bisa dikonsumsi dengan aman, sehat, dan halal oleh masyarakat.

Salah seorang peserta pelatihan, Nira Damayanti asal Desa Hegarmanah, Jatinangor, mengapresiasi pelatihan ini. Materi mengenai teknik pengolahan daging dapat dipraktikkan sendiri di rumah dan akan disebarluaskan ke masyarakat lainnya. (rilis)*

Share this: