Dharma Wanita Persatuan Unpad Gelar Diskusi Mengenai Makanan Sehat

Suasana Knowledge Sharing Dharma Wanita Persatuan Universitas Padjadjaran dengan tema “Smart Mom: Preparing Healthy and Simple Food” di Aula Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, Jatinangor, pada Selasa (11/10/2022) lalu.

[Kanal Media Unpad] Untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai makanan sehat dan mudah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Knowledge Sharing dengan tema “Smart Mom: Preparing Healthy and Simple Food” di Aula Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, Jatinangor, pada Selasa (11/10/2022) lalu.

Ketua DWP Unpad dr. Reiva Arief S. Kartasasmita mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertemuan rutin DWP Unpad yang kali ini sebagai tuan rumah adalah Dharma Wanita dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian.

“Selain untuk menjalin tali silaturahmi juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi ibu-ibu dalam kehidupan sehari-hari,” kata Reiva.

Dekan FTIP Unpad Dr. Ir. Sarifah Nurjanah., M.App.Sc., mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta dalam mempersiapkan makanan sehat dan mudah untuk sehari-hari.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Sosbud DWP Unpad Anita Yanyan, Ketua DW FTIP Unpad Tia Amina Setiawati, serta para anggota DWP Unpad. 

Pada kesempatan tersebut, dosen FTIP Unpad Dr. Souvia Rahimah, M.Sc., selaku narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan bahwa makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya.

Secara umum, jenis makanan yang tergolong dalam kelompok makanan sehat mengandung berbagai nutrisi baik makro dan mikro. Syarat makanan yang sehat adalah bersih, halal, dan memiliki gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Souvia menjelaskan pula bahwa asupan nutrisi untuk tubuh bisa didapat dari beragam jenis makanan sehat, tidak terbatas pada satu jenis saja. Ia menyarankan untuk mengonsumsi ragam menu untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Mengonsumsi berbagai jenis makanan bisa memberikan nutrisi yang berbeda, sehingga gizi yang diperlukan oleh tubuh bisa terpenuhi.

“Sebagai seorang Ibu, kita dituntut untuk cerdas memilih dan menyajikan makanan untuk keluarga tercinta, walau sesibuk apapun dalam berbagai aktivitas rutin sehari-hari. Kenali tubuh kita, konsumsilah makanan sesuai dengan kebutuhan,” ujar Souvia.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan demo memasak makanan sehat dan halal menggunakan bahan-bahan produk dari FTIP Unpad. (rilis/wati)*

Share this: