Kiri ke kanan:
Kiri ke kanan: Puteri Khansa, Rifky Adhia Pratama, dan Geometri Amal Nur Sheha, tiga mahasiswa Kimia Universitas Padjadjaran yang berhasil meraih juara I dan poster favorit pada kompetisi Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta (Gempita) cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah yang digelar Universitas Negeri Lampung, Sabtu (6/8/2022) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Tim mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara I dan poster favorit pada kompetisi Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta (Gempita) cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah yang digelar Universitas Negeri Lampung (Unila), Sabtu (6/8/2022) lalu.

Tim mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Kimia, yaitu: Geometri Amal Nur Sheha, Rifky Adhia Pratama, dan Puteri Khansa. Ketiganya berhasil meraih juara melalui karya tulisnya yang membahas mengenai sintesis komposit nanorod ZnO/S,N-GQDs yang ditumbuhkan di atas substrat kaca sebagai material fotokatalis yang reusable untuk mendegradasi limbah tekstil (metilen biru) di bawah iradiasi sinar tampak.

“Proyek yang diangkat merupakan sebagian kecil dari proyek PKM Riset-Eksakta yang berhasil didanai Ditjen Dikti tahun ini,” kata Rifky kepada Kanal Media Unpad.

Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan terutama yang diakibatkan limbah industri tekstil. Berdasarkan data Direktur Pengendalian Pencemaran Air Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) tahun 2021 dari 564 titik sungai di Indonesia, sebanyak 59% nya tercemar berat. Salah satu penyumbang pencemaran tsb adalah dari industri tekstil.

Melalui karya ilmiah tersebut, tim mengembangkan material yang dapat menjalankan aktivitas fotokatalitiknya di daerah sinar tampak yang tidak terbatas pada sinar UV. Hak ini disebabkan, sinar UV dan matahari yang tembus ke bumi hanya 3 persen.*

Share this: