Sebanyak 1.009 Peserta Ikuti Lomba Olahraga Hybrid Lustrum XIII Unpad

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti secara simbolis mengangkat bendera tanda dimulainya Lomba Olahraga Hybrid memperingati Lustrum XIII Unpad dalam acara pembukaan yang digelar di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (22/8/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 1.009 peserta mengikuti Lomba Olahraga Hybrid memperingati Lustrum XIII Universitas Padjadjaran, Senin (22/8/2022) hingga Sabtu (27/8/2022). Lomba olahraga kali ini mempertandingkan tiga cabang olahraga, yaitu: jalan kaki, lari, dan sepeda.

Ketua divisi Unpad Bergerak Unpad Dr. med. Setiawan, dr., mengatakan, peserta lomba olahraga hybrid tersebut berasal dari berbagai unsur di lingkungan Unpad. Mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dharma wanita, alumni, hingga purnabakti.

“Dari 1.009 peserta, sekira 600 orang mengikuti lomba jalan kaki, 200-an mengikuti sepeda, dan sisanya mengikuti lomba lari,” kata Setiawan dalam acara pembukaan Lomba Olahraga Hybrid yang digelar di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (22/8/2022) pagi.

Secara teknis, setiap peserta menggunakan aplikasi Strava yang bisa digunakan melalui ponsel atau jam tangan pintar (smartwatch). Penilaian didasarkan atas jarak terjauh yang berhasil diraih peserta berdasarkan ketentuan pace yang ditetapkan, atau waktu yang dibutuhkan peserta untuk menempuh jarak per 1 kilometer.

Dalam hal ini, pejalan kaki tidak boleh lebih cepat dari pace 10, atau waktu 10 menit untuk 1 kilometer, sedangkan untuk lari tidak boleh lebih besar dari pace 10. “Minimal pencatatan 1 kilometer. Nanti panitia akan evaluasi apakah catatannya valid atau tidak,” kata Setiawan.

Kendati demikian, setiap peserta diharapkan mencapai target jarak yang ditetapkan, yaitu 65 kilometer untuk sepeda serta 6,5 kilometer untuk lari dan jalan kaki. Penetapan angka 65 disesuaikan dengan usia Unpad, yaitu 65 tahun.

“Peserta yang berhasil mencapai target akan mendapatkan sertifikat,” kata Setiawan.

Pembukaan Lomba Olahraga Hybrid Lustrum XIII Unpad resmi dilakukan oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Rektor mengapresiasi warga Unpad yang berpartisipasi dalam lomba olahraga tersebut.

“Peserta akan menginspirasi untuk bersama-sama mewujudkan Unpad Sehat Bergerak,” kata Rektor.

Karena itu, Rektor mendorong agar peserta dapat senang mengikuti lomba olahraga ini. “Silakan bergerak, berkompetisi sehat. Mudah-mudahan tidak hanya sehat yang didapat, tetapi juga mendapatkan kebahagiaan,” kata Rektor.

Pembukaan Lomba Olahraga Hybrid Lustrum XIII Unpad secara simbolis dilakukan Rektor, Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Yanyan M. Yani, PhD, dan Ketua Lustrum XIII Unpad Dr. Cipta Endyana, M.T.*

Share this: