SAR Unpad Gelar Latihan Bersama dan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

Anggota SAR Universitas Padjadjaran menggelar latihan bersama dengan anggota SAR Universitas Malikkul Saleh, 8 – 12 Agustus 2022 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Unit SAR Universitas Padjadjaran menggelar latihan bersama dengan personel SAR Universitas Malikkul Saleh (Unimal) di Jembatan Cincin, Kecamatan Jatinangor, Sumedang, 8 hingga 12 Agustus 2022.

“Dengan melakukan kegiatan ini kami dapat mengasah keterampilan dalam menyikapi kegiatan penyelamatan di medan ketinggian, sekaligus menjalin silaturahmi yang lebih erat dengan teman – teman SAR Unimal,” kata Fadhlan, Anggota Unit SAR Unpad.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, latihan bersama dilaksanakan dengan memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) seperti memakai helm, harnes, dan tali keamanan.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada teman-teman Unit SAR Unpad yang telah memberikan banyak pengetahuan seputar ilmu-ilmu SAR di ketinggian seperti Single Rope Technique serta cara memanjat tebing yang baik. Semoga nantinya setiba saya di Aceh ilmu-ilmu ini akan saya sampaikan kepada teman teman SAR di Unimal,” kata anggota SAR Unimal M. Althaf Kiram.

M. Althaf Kiram juga merupakan Jenderal Forum Komunikasi SAR Perguruan Tinggi Indonesia (FKSPTI). Setelah melakukan latihan bersama, acara dilanjutkan dengan diskusi terkait Rakornas FKSPTI yang akan dilaksanakan di Universitas Padjadjaran November mendatang.

Forum Komunikasi SAR Perguruan Tinggi Indonesia (FKSPTI) merupakan wadah nasional organisasi SAR mahasiswa Indonesia yang terbentuk pada tahun 2015 di Aceh. Forum ini dibentuk bertujuan untuk menampung semua aspirasi mahasiswa yang tergabung dalam organisasi SAR di setiap perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia.

Keberadaan forum ini diharapkan mampu menjadi suatu wadah bagi anggota untuk saling meningkatkan kemampuan, komunikasi dan kerjasama khususnya dalam bidang SAR (Search and Rescue) di kalangan mahasiswa.

Pengibaran Bendera Merah Putih

Dalam memeringati HUT ke-77 RI, Unit SAR Unpad bersama Forum Komunikasi Padjadjaran Rescue (FKPR) serta Brimob Polda Jabar mengibarkan bendera raksasa berukuran 10×20 m dari atas ketinggian tepatnya di atap Apartemen Easton Park, Jatinangor, Rabu (17/8/2022).

Di atas ketinggian gedung 26 lantai yang memiliki tinggi sekitar 87 meter ini, sebanyak 6 orang melakukan rappelling (turun menggunakan tali) sambil mengibarkan bendera. Waktu yang digunakan untuk mengibarkan kurang lebih 30 menit. Pengibaran bendera raksasa dalam memeringati HUT RI ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya Unit SAR Unpad juga pernah melakukannya di Jembatan Cincin

Share this: