Masjid Raya Unpad Luncurkan Program Mengaji 1 Hari 1 Juz

Masjid Raya Universitas Padjadjaran. (Foto: Arsip Kantor Komunikasi Publik)*
Masjid Raya Universitas Padjadjaran. (Foto: Arsip Kantor Komunikasi Publik)*

[Kanal Media Unpad] Dewan Keluarga Masjid Raya Universitas Padjadjaran menggelar acara pembukaan Komunitas Tadarus Online “Sadisa” (Sadinten Sa-Juz) melalui platform Zoom, Minggu (28/8/2022) lalu.

Sadisa merupakan program yang diselenggarakan Divisi Kemuslimahan Masjid Raya Unpad guna mendorong warga Unpad Muslim untuk membaca Al-Quran. Target utama dari program ini adalah peserta dapat menyelesaikan membaca Al-Quran minimal satu juz per hari.

“Sebagai langkah awal, program dapat dimulai dengan satu hari satu halaman, ataupun satu hari satu lembar mushaf dan seterusnya, sehingga suatu saat nanti dapat mencapat target ideal, yaitu satu hari satu juz,” terang pengurus Masjid Raya Unpad Divisi Kemuslimahan Muhimmah Shidiq.

Pada acara pembukaan program tersebut, terkumpul 11 peserta yang telah mendaftarkan diri dan bersedia mengikuti program Sadisa. Nantinya, setiap bulan program ini akan dievaluasi untuk memonitor perkembangan setiap peserta.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad dijelaskan, di setiap bulan, peserta akan mendapatkan apresiasi terkait capaian tilawah yang telah dilakukan. Dengan demikian, siapa pun tidak perlu ragu dan takut akan kemampuannya membaca Al-Quran, karena setiap capaian akan diapresiasi.

“Hal ini juga dimaksudkan untuk memecut rasa percaya diri dan semangat untuk terus meningkatkan jumlah bacaan, yaitu dengan melihat perkembangan capaian dari bulan-bulan sebelumnya,” tutur Muhimmah.

Setiap peserta akan dimasukkan ke dalam grup WhatsApp sebagai wadah untuk saling mengingatkan. Jadwal akan diumumkan dalam grup, baik harian, mingguan, maupun bulanan. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong peserta aktif dan terus menambah bacaan Al-Qurannya, serta mengingatkan waktu-waktu utama untuk membaca.

Selain mendorong aktif membaca, peserta juga akan mendapat materi mengenai pengenalan Al-Quran, cara membaca Al-Quran, hingga berbagai materi mengenai kajian Al-Quran.

Ketua Pengelola Masjid Raya Unpad Junardi Harahap, PhD, mengatakan, program ini diharapkan dapat mendorong warga Unpad untuk membaca dan mempelajari Al-Quran. Menurutnya, salah satu amal ibadah yang diridai Allah swt adalah membaca Al-Quran. (rilis)*

Share this: