Jalin Kerja Sama, Fapsi Unpad Buka Layanan Konseling untuk Pegawai Kemendag RI

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Dekan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Zahrotur Rusyda Hinduan MOP., Ph.D., Psikolog, menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Biro Organisasi dan SDM Kementerian Perdagangan RI Dr. Rusmin Amin, M.T., di Unpad Training Center, Bandung, Kamis (28/7/2022) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Sebagai tindak lanjut dari kerja sama yang sudah ditandatangani Januari lalu, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Zahrotur Rusyda Hinduan MOP., Ph.D., Psikolog menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Biro Organisasi dan SDM Kementerian Perdagangan RI Dr. Rusmin Amin, M.T.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang digelar di Unpad Training Center, Bandung, Kamis (28/7/2022) lalu ini, ada tiga rincian kerja sama yang akan dilakukan, yaitu: program layanan konseling pegawai, program pembuatan perilaku efektif dari value berakhlak, serta program pelatihan coaching & counseling bagi para manajer di Kemendag RI.

Dikutip dari laman Fapsi Unpad, Zahrotur menjelaskan, terkait program layanan konseling pegawai, program ini akan diberikan berupa telekonseling sebagai bentuk bantuan psikologis oleh konselor kepada pegawai (klien).

Sementara program pembuatan perilaku efektif dari value berakhlak merupakan program yang diperuntukkan bagi karyawan untuk menjadi panduan atau kode etik dalam menampilkan perilaku positif di lingkungan kerja.

Adapun program ketiga, pelatihan coaching & counseling akan dilakukan dalam tiga tahap yang saling berkaitan. Mulai dari pemberian dasar-dasar teori dan konsep coaching & counseling, hingga peserta mencoba menerapkan pemahaman mereka tersebut dalam praktik terhadap kasus nyata, dan dilanjutkan juga dengan tahap penguatan dan pengayaan bagi para peserta.

Pada tahap penguatan dan pengayaan ini, seluruh peserta akan saling berbagi terkait pengalaman mereka ketika menangani klien.

“Harapannya pelatihan coaching & counseling ini mampu memberikan keterampilan dasar bagi para pegawai di lingkungan Kemanterian Perdagangan Republik Indonesia dalam memberikan coaching dan juga konseling sebagai upaya membantu bawahan/pegawai lainnya guna mengatasi permasalahan yang mengganggu kinerja mereka,” kata Zahrotur.

Sementara itu, Kepala Pusat Asesmen dan Pengembangan SDM Unpad Dra. Nurul Yanuarti, M.Si., Psikolog, mengatakan, di antara ketiga kegiatan yang direncanakan, baru program layanan konseling pegawai yang sudah dilaksanakan. Dua program lainnya akan ditindaklanjuti ke depan.

“Dalam pelaksanaan kerja sama ini, akan terdapat pihak-pihak yang terlibat nantinya selain tim dosen Fakultas Psikologi Unpad, yaitu alumni ataupun mahasiswa Magister juga,” terangnya.

Diharapkan, kerja sama ini dapat berjalan baik dan memberikan manfaat bagi semua pihak, demi tercapainya peningkatan layanan pegawai dan pengembangan kapasitas SDM di lingkungan Kemendag RI. (rilis)*

Share this: