Gelar Rapat Kerja, UPZ Unpad Maksimalkan Potensi Kelembagaan

Suasana
Suasana rapat kerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Padjadjaran di Unpad Training Center, Bandung, Jumat (26/8/2022).*

[Kanal Media Unpad] Mengawali kegiatan pembelajaran tahun akademik 2022/2023 ini, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan rapat kerja dengan tema “Re-organisasi UPZ Baznas Unpad dan Konsolidasi Pengurus Untuk UPZ Bermanfaat dan Mendunia”. Kegiatan diselenggarakan secara luring di Unpad Training Center, Bandung, Jumat (26/8/2022).

Rapat kerja tersebut turut hadir Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani, MAIR., Ph.D. dan Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Prof. Dr. H. Isis Ikhwansyah, M.H., CN.

Selain unsur pimpinan Unpad, hadir pula dalam kegiatan raker ini dua orang perwakilan unsur pimpinan Baznas Provinsi Jawa Barat. Pihak Baznas menyambut baik dan membagi pengalaman mengenai upaya memelihara dan meningkatkan kepercayaan terhadap UPZ melalui digitalisasi berbagai kegiatan.

Upaya tersebut dilakukan agar aksesibilitas kegiatan dan komunikasi UPZ dengan masyarakat, terutama anggota, makin meluas.

Ketua UPZ Unpad Dr. Hazbini, M.Ag., menuturkan rapat kerja dilakukan untuk mendorong dan memaksimalkan potensi UPZ yang ada di Unpad. Dalam hal ini, digitaliasi menjadi salah satu fokus UPZ Unpad agar penyebaran informasi dapat lebih luas.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, Prof. Yanyan menyampaikan apresiasi terhadap program UPZ Unpad yang telah berjalan dan mendorong agar hasil rapat kerja kali ini mendapatkan hasil yang terukur.

“Menjadi pengurus UPZ ini adalah rahmat, tidak semua orang berkesempatan untuk bermanfaat kepada umat, maka yakinlah setiap yang kita kerjakan akan menjadi amal dari sisa umur kita,” ujarnya.

Usai pembukaan, rapat kerja diawali dengan pembasan dari bidang penghimpunan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Penghimpunan Cupian, S.E., M.T., Ph.D

Ada banyak yang perlu dikerjakan dalam rangka mendorong sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad untuk berzakat ke UPZ Unpad. Data per 26 Agustus 2022, jumlah tenaga pendidikan yang menjadi muzakki 120 dari total 4.500 orang.

Cupian mengatakan, hal ini perlu dilakukan revolusi penghimpunan dalam mengundang capital market. Sosialisasi secara daring dan luring dengan memuat informasi UPZ Unpad yang informatif akan dipasang setiap fakultas.

Selesai pemaparan dari bidang penghimpunan dilanjut dari bidang penyaluran yang disampaikan Kepala Bidang Penyaluran Dr. Asep Zainal Muttaqin, M.Si. Ada enam program yang akan dilakukan untuk menyalurkan dana zakat maupun infak.

Enam program tersebut, yaitu: UPZ Dhuafa, UPZ Finansial Support, UPZ Smart Scholarship, UPZ Financial Planning, UPZ Micro Economy Empowerment, dan Unpad Berderma. (rilis)*

Share this: