Bekali Mahasiswa Baru, Unpad akan Gelar “Unpad Orientation”

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D., bersama Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam menjadi narasumber dalam Talkshow Adaptasi Mahasiswa Baru Unpad (AMBU) yang digelar secara daring oleh Kantor Komunikasi Publik Unpad, Selasa (9/8/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran akan menggelar Unpad Orientation untuk mahasiswa baru angkatan 2022 untuk seluruh jenjang. Acara digelar di kampus Unpad Jatinangor pada 11-19 Agustus 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa baru Unpad.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D. mengatakan bahwa Unpad Orientation ini penting diikuti mahasiswa baru Unpad untuk mempersiapkan diri sebelum kuliah. Di acara ini, mahasiswa baru dapat mencetak KTM, mengambil kelengkapan mahasiswa, dan mendapat banyak informasi penting sebagai bekal menjadi mahasiswa baru.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan ataupun fasilitas yang kita berikan itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Fahmi dalam Talkshow Adaptasi Mahasiswa Baru Unpad (AMBU) yang digelar secara daring oleh Kantor Komunikasi Publik Unpad, Selasa (9/8/2022).

Khusus untuk pencetakan KTM dan mengambil kelengkapan mahasiswa, sebelumnya mahasiswa baru harus melakukan registrasi di laman students.unpad.ac.id/peserta.

“Di situ nanti para mahasiswa baru bisa memilih waktunya antara tanggal 11 sampai tanggal 19. Bisa memilih jadwal paling pas,” kata Fahmi.

Pada acara ini, mahasiswa juga dapat mengikuti sejumlah seminar dengan berbagai topik yang ditawarkan, di antaranya cara belajar di perguruan tinggi, akomodasi mahasiswa di kampus Jatinangor, pengenalan fasilitas dan layanan di Unpad, hingga cara mengelola keuangan bagi mahasiswa. Selain itu akan ada sejumlah gerai atau booth yang menawarkan informasi kemahasiswaan, cendera mata, dan makanan.

Untuk dapat datang ke Unpad Orientation, Fahmi mengatakan bahwa mahasiswa perlu masuk melalui aplikasi Peduli Lindungi. Bagi mahasiswa yang sedang tidak sehat, tidak perlu hadir secara langsung serta dapat mencetak KTM dan mengambil kelengkapan mahasiswa di lain waktu.

Meski diutamakan untuk mahasiswa baru, Fahmi mengatakan acara ini juga terbuka untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang memerlukan informasi tersebut.

“Walaupun tujuannya untuk mahasiswa baru, tapi mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 bisa hadir,” kata Fahmi.

Sementara itu Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T. mengatakan bahwa setelah Unpad Orientation, mahasiswa baru perlu memperhatikan jadwal penting seperti PMB dan Open House tingkat universitas  pada 22-24 Agustus 2022, PMB Fakultas dan Prodi pada 25-27 Agustus 2022, dan masuk perkuliahan 29 Agustus 2022. (arm)*

Share this: