Pelajari Zona Integritas, STEI ITB Kunjungi FEB Unpad

Rombongan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB didampingi Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset FEB Unpad Prof. Maman Setiawan, SE., MT., PhD., mengunjungi Unit Layanan Terpadu Unpad di sela kunjungannya ke kampus FEB Unpad, Jatinangor, Jumat (15/7/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung. Rombongan diterima di Gedung Alpha Lantai 2 Kampus FEB Unpad, Jatinangor, Jumat (15/7/2022).

Pada kunjungan tersebut, STEI ITB ingin melakukan studi banding mengenai aktivitas Zona Integritas di  FEB Unpad yang telah berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK).

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset FEB Unpad Prof. Maman Setiawan, SE., MT., PhD, menyambut baik adanya kunjungan ini dan berharap adanya diskusi dari kedua belah pihak terkait pengelolaan zona integritas yang baik.

“Mudah-mudahan apa yang kita diskusikan hari ini bisa bermanfaat tentunya bagi ITB ataupun bagi kami,” harap Prof. Maman.

Prof. Maman menjelaskan, program zona integritas di FEB Unpad sudah mulai dilakukan sejak tahun 2020. Menurutnya, program ini dapat menjadi ruh dalam tata kelola sehingga dapat memberikan manfaat banyak bagi unit, termasuk akreditasi dan kinerja yang baik.

“Karena pada hakikatnya, zona integritas ini ‘kan sebenarnya bukan hanya wilayah bebas korupsi, tapi di dalamnya adalah bagaimana terkait mendorong pelayanan yang prima,” ujar Prof. Maman.

Dengan demikian, pelaksanaan program zona integritas ini pada dasarnya adalah mengenai tata kelola yang dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah suatu hal yang harus kita jalankan dalam tata kelola,” ujar Prof. Maman.

Sementara itu Dekan STEI ITB Dr. Tutun Juhana, ST.,MT. mengatakan bahwa saat ini STEI ITB ingin membangun zona integritas dengan lebih baik lagi. Selain memperbaiki dari internal, ia juga ingin melihat kondisi yang sudah dilakukan unit lain termasuk FEB Unpad.

“Kami yakin ini akan bermanfaat bagi pengembangan zona integritas di STEI,” ujar Dr. Tutun.

Dr. Tutun pun berharap dari kunjungan ini akan ada kerja sama lebih lanjut antara Unpad dan ITB, terutama kerja sama multidisiplin ilmu.

“Mudah-mudahan nanti kita bekerja samanya bisa lebih berkembang lagi dalam hal-hal lain,” harapnya.

Dalam acara tersebut, dari FEB Unpad hadir juga Wakil Dekan II Kurniawan Saefullah, SE., M.Ec. Ph.D, serta Tim Zona Integritas FEB yaitu Dr. Srihadi Winarningsih, Dr. Tettet Fitrijanti, dan Dr. Meinanda Kurniawan.

Pada kunjungan tersebut, rombongan STEI ITB juga berkesempatan melihat aktivitas pelayanan di Unit Layanan Terpadu Unpad di Gedung Rektorat Jatinangor. (arm)*

Share this: