Lembaga Sertifikasi Profesi Unpad Gelar Pelatihan Calon Asesor Kompetensi

Suasana Pelatihan Asesor Kompetensi Calon Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Padjadjaran di Mason Pine Hotel, Padalarang, Senin (11/7/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Kantor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Padjadjaran menggelar Pelatihan Calon Asesor Kompetensi yang dilanjutkan dengan Asesmen Calon Asesor (ACA) yang digelar di Mason Pine Hotel, Padalarang, Senin (11/7/2022) hingga Sabtu (16/7/2022), dengan pemateri Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Miftaku Aziz, M.H dan Master Asesor BNSP, Dr. Tiny Agustini Koesmawati dan Dr. Rizal Sani.

Kepala Kantor LSP Unpad Syariful Mubarok, M.Sc., PhD, menjelaskan, pelatihan ini diikuti sebanyak 24 calon asesor yang berasal dari para dosen di lingkungan Unpad. Para dosen tersebut akan disiapkan untuk menjadi asesor yang akan melakukan asesmen kepada mahasiswa, terutama mahasiswa program vokasi.

“Pemilihan para calon asesor didasarkan atas keahlian atau kompetensi dosen tersebut pada bidang skema yang didaftarkan ke BNSP,” ujar Syariful.

Adapun skema bidang sertifikasi kompetensi tersebut terdiri dari Personel Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Asisten Teknis Reproduksi Ternak, Produsen Benih Tanaman, Melaksanakan Verifikasi/ Kalibrasi Alat Ukur dan Alat Uji, Pengumpul Data Senior Terumbu Karang, Teknisi Akuntansi Ahli, Pengelolaan Arsip Berbasis Digital, Pembuatan Roti, Manajer Produksi Film dan Manajer Produksi Agribisnis.

Lebih lanjut Syariful menjelaskan, pelatihan ini penting dilakukan guna menyiapkan calon asesor kompetensi. Calon asesor tersebut akan mengasesmen mahasiswa yang akan lulus. Selain itu, calon asesor juga bertugas dalam proses penyusunan mata uji kompetensi (MUK).

Karena itu, di akhir pelatihan peserta juga akan menjalani Uji ACA . “Diharapkan semua peserta pelatihan lolos ujian dan kompeten sebagai asesor kompetensi,” terangnya.

LSP Unpad merupakan LSP P1, atau lembaga sertifikasi profesi yang melakukan asesmen untuk peserta didik yang ada di lembaga induknya dan jejaring kerja lembaga induknya. LSP Unpad dapat melakukan sertifikasi kepada seluruh mahasiswa Unpad, mulai dari jenjang Sarjana, Sarjana Terapan, dan Pascasarjana, serta mahasiswa mitra dari perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Unpad.

Ke depan, LSP Unpad juga akan bekerja sama dengan LSP P3 untuk melakukan sertifikasi tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga dosen, dan tenaga kependidikan.*

Share this: