Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H., membuka pelaksanaan Pelatihan “Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti)” secara luring di Gedung 4 kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Senin (20/6/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Shafira Aulia Nisaa Ghafitri

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali menggelar pelatihan “Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti)” yang digelar secara luring di Gedung 4 kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Senin (20/6/2022) hingga Jumat (24/6/2022). 

Pelatihan tersebut diikuti oleh sebanyak 50 peserta dari kalangan dosen di lingkungan Unpad. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H., Senin (20/6/2022).

“Pelatihan pekerti ini tentunya menjadi awal baik bagi para peserta. Dengan melaksanakan pelatihan, peserta dapat menimba ilmu di sini,” ujar Prof. Ida.

Perwakilan tim Pekerti Unpad Dr. Yuni Susanti Pratiwi, dr., AIFO., M.Kes., menjelaskan, pelatihan Pekerti merupakan pelatihan yang rutin dilakukan di semua institusi perguruan tinggi. 

“Pelatihan ini menjadi dasar bagi calon dosen mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan kemampuan mengajarnya,” kata Yuni.

Lebih lanjut Yuni menjelaskan, Unpad menjadi salah satu PTN terpilih oleh Kemendikbudristek yang bisa melaksanakan pelatihan Pekerti. Sertifikat yang dikeluarkan telah teregistrasi secara nasional.

Karena itu, selain rutin untuk pengembangan kemampuan, pelatihan Pekerti di Unpad juga terbuka bagi para dosen yang ingin melakukan sertifikasi dosen. 

“Selain memenuhi kebutuhan internal, kita juga memenuhi kebutuhan eksternal. Kita banyak sekali menerima permintaan dari dosen di perguruan tinggi lain untuk mengikuti pelatihan Pekerti di Unpad,” tambah Yuni.

Pelatihan ini diisi oleh berbagai pemateri dari para pengajar di lingkungan Unpad. Para dosen tersebut juga berasal dari berbagai bidang keilmuan. “Sehingga ini akan memperkaya sifat keunggulan akademik di masing-masing dari fakultas,” kata Yuni.(arm)*

Share this: