Jadwal Plotting Dibuka, Unpad Tawarkan Dua Skema KKNM

Mahasiswa peserta KKN Tematik Kewirausahaan Universitas Padjadjaran
Mahasiswa peserta KKN Tematik Kewirausahaan Universitas Padjadjaran berdiskusi dengan pelaku UMKM di Kecamatan Tanjungsari, Sumedang.*

[Kanal Media Unpad] Masa pendaftaran/plotting Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Universitas Padjadjaran semester genap tahun akademik 2021/2022 periode Juli-Agustus 2022 dibuka mulai Senin (13/6/2022) hingga Jumat (17/6/2022) mendatang.

Koordinator KKNM Unpad Dr. Risna Resnawaty, M.P., menjelaskan, pelaksanaan KKNM menggunakan metode hybrid. Berbeda dengan metode hybrid sebelumnya, kali ini pelaksanaan KKNM di lapangan bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa dalam satu kelompok dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan tidak dianjurkan untuk menginap.

“Kalau sebelumnya, beberapa mahasiswa dalam satu kelompok dijadwalkan turun ke lapangan, tentunya dengan protokol kesehatan dan tidak menginap. Sekarang sudah memungkinkan bisa satu sekelompok KKN turun semua ke lapangan,” papar Risna.

Pada periode ini, ada beberapa skema KKNM Unpad yang bisa dipilih mahasiswa, yaitu KKNM Integratif Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Dosen serta KKN Bulan Imunisasi Anak Nasional kerja sama Unpad dengan Unicef.

Risna mengatakan, skema KKNM Integratif PPM Dosen diikuti oleh 166 Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Setiap dosen memiliki proyek hibah pengabdian pada masyarakat. Lokasi pelaksanaan KKN disesuaikan dengan tema penelitian dosen.

“Jadi, teknisnya mahasiswa melaksanakan program pengabdian dosen, selain itu mereka (mahasiswa) bisa membuat program pengabdian yang berdasarkan hasil kerja kelompoknya,” ucapnya.

Sementara KKN Bulan Imunisasi Anak Nasional dilaksanakan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung, yaitu Ibun, Ciparay, Cicalengka, dan Majalaya. KKN Imunisasi ini diikuti 30 DPL. Empat kecamatan ini direkomendasikan untuk dilakukan KKN berdasarkan data adanya penurunan capaian imunisasi di wilayah tersebut.

“Mereka diberikan challenge kehgiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Dari dua skema KKN tersebut, Unpad juga tengah melakukan kerja sama dengan Kemenkominfo RI terkait dengan pelaksanaan peningkatan literasi digital melalui KKNM. Nantinya, selain mengerjakan program KKNM berdasarkan skema yang dipilih, mahasiswa juga didorong untuk mengampanyekan pentingnya literasi digital di masyarakat.

Saat ini, tercatat ada 2.880 mahasiswa yang sudah terdaftar mengambil mata kuliah KKNM. Pada jadwal plotting tersebut, mahasiswa dipersilakan memilih skema/tema penelitian yang akan diikuti. Plotting dilakukan melalui portal students Unpad.

Risna mengingatkan mahasiswa untuk menyesuaikan tema KKNM dengan minat masing-masing. Setiap tema dan skema KKN terbuka bagi seluruh rumpun ilmu. Pelaksanaan KKNM Unpad sendiri akan digelar pada 4 Juli sampai 4 Agustus 2022.

“Harapannya, mahasiswa bukan sekadar ke desa, ikut KKN dan selesai. Dia harus belajar dari masyarakat dan berkontribusi dalam memecahkan permasalahan di masyarakat,” pungkasnya.*

Jadwal plotting KKNM Unpad

Share this: