Hadapi Transformasi Digital, Unpad Gelar Pelatihan “Digital Leadership Academy”

Peserta mengikuti Kicik Off Pelatihan Digital Leadership Academy secara hybrid dari beberapa ruangan di Sekolah Pascasarjana Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (11/1/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Menyongsong era transformasi digital di Indonesia, sumber daya manusia yang kapabel menjadi organ penting. Digitalisasi sistem yang sudah dilakukan akan optimal apabila digerakkan oleh sumber daya yang paham dan cakap.

Dalam menyiapkan SDM yang kapabel menghadapi transformasi digital, Universitas Padjadjaran menyelenggarakan pelatihan “Digital Leadership Academy” (DLA). Sebanyak 29 peserta yang terdiri dari Sekretaris Direktorat, Kepala Departemen, dan Ketua Program Studi mengikuti pelatihan tersebut.

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, PhD, menjelaskan, pelatihan ini merupakan multiplikasi dari pelatihan serupa yang digelar Kementerian Kominfo RI. Sasaran utama pelatihan ini adalah melatih sikap kepemimpinan peserta agar siap melakukan transformasi digital.

“Diharapkan para peserta memahami peta digital yang ada dan bisa mengajak orang lain untuk ikut melakukan transformasi digital,” kata Aulia dalam acara Kick Off Pelatihan DLA Unpad di Studio Sekolah Pascasarjana Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (11/1/2022).

Kendati memultiplikasi pelatihan Kominfo, kurikulum pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan Unpad. Pengembangan kurikulum dilakukan berdasarkan pengalaman peserta yang sudah mengikuti pelatihan DLA Kemenkominfo.

Pada DLA Kemenkominfo, dua dosen Unpad berkesempatan mengikuti pelatihan hingga selesai, yaitu Dekan Sekolah Pascasarjana Dr.med. Setiawan dan Aulia sendiri.

“Kurikulum dibuat agar fit dengan kebutuhan Unpad. Beberapa materi ada yang tidak fit, karena itu kita sesuaikan,” terang Aulia.

Pelatihan DLA Unpad sendiri digelar selama enam bulan. Usai mengikuti kick off, peserta kemudian dikelompokkan untuk mengikuti pendampingan dan pengayaan oleh fasilitator.

Selanjutnya, peserta didorong menyusun proyek transformasi untuk diimplementasikan di unit kerjanya masing-masing. Terakhir, peserta akan dilakukan evaluasi oleh fasilitator.

“Pelatihan ini lebih banyak project based yang menghasilkan output produk inovasi yang bisa diimplementasikan,” kata Aulia.

Sebagai alumnus pelatihan DLA Kemenkominfo, Aulia mengaku pelatihan ini mampu meningkatkan kapasitas diri. “Sama seperti (yang diterapkan) di Unpad, pelatihan DLA Kominfo juga project based, sehingga inovasi yang sudah ada diimplementasikan untuk jadi solusi terhadap permasalahan tertentu,” ujarnya.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pelatihan ini digelar guna mempersiapkan calon-calon pemimpin universitas di masa depan. Untuk mewujudkannya, pemimpin harus mampu beradaptasi dengan perubahan.

“Kita semua akan bertransformasi. Kalau dilakukan terus menerus, kita akan yakini sivitas akademika Unpad akan terbiasa melakukan produktivitas menggunakan digitalisasi,” kata Rektor.

Acara Kick Off Pelatihan DLA Unpad digelar hingga Rabu (12/1/2022). Acara menghadirkan pembicara utama dari Kemenkominfo, Kemenpan RB, Komisi Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional, hingga praktisi bisnis.*

Share this: