Gandeng Telkom PCC, Unpad Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Desainer Multimedia Madya

Instruktur dari Telkom PCC memberikan materi pelatihan desainer multimedia madya kepada para dosen “E-Learning Heroes” Universitas Padjadjaran di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (4/1/2022) . (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi desainer multimedia madya di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (4/1/2022) hingga Jumat (7/1/2022). Sebanyak 40 dosen di lingkungan Unpad mengikuti pelatihan ini.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda menyampaikan, pelatihan digelar agar para dosen memiliki kompetensi optimal dalam menyediakan materi pembelajaran yang tidak hanya menarik, tetapi luaran pembelajarannya dapat tercapai. Salah satu upayanya adalah penguasaan teknologi informasi dan multimedia.

“Kondisi saat ini sudah mulai effort lebih terhadap teknologi informasi, supaya capaian pembelajarannya bisa tercapai dan mahasiswa memperoleh materi secara menarik,” kata Prof. Ida saat membuka pelatihan, Selasa (4/1/2022).

Pelatihan ini bekerja sama dengan PT. Telkom Prima Cipta Certifia (Telkom PCC), lembaga di bawah Telkom Indonesia yang berperan melakukan pelatihan, sertifikasi, dan konsultasi di bidang teknologi informasi, komunikasi, serta bisnis dan manajemen.

Sementara para dosen peserta pelatihan merupakan para “E-Learning Heroes”. Instruktur pelatihan didatangkan langsung dari tim Telkom PCC.

Prof. Ida menjelaskan, para “E-Learning Heroes” merupakan perwakilan fakultas yang terpilih untuk membantu pengembangan pembelajaran daring di Unpad. Kendati para dosen telah memiliki kemampuan mumpuni untuk menyajikan konten pembelajaran, pelatihan ini dilakukan agar konten yang disajikan menjadi lebih menarik.

Selain itu, pelatihan ini juga digelar sebagai upaya mendukung Unpad menjadi hybrid university. “Para E-Learning Heroes adalah ujung tombak dari hybrid university. Jadi harapannya bapak/ibu dari Telkom bisa menyampaikan materi yang baik,” kata Prof. Ida.

Direktur Telkom PCC Syahruddin Podding menuturkan, sertifikasi dibutuhkan dalam meningkatkan daya saing. Dengan demikian, upaya untuk menjadikan hybrid university dapat terwujud.

“Pelatihan dan sertifikasi diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dosen menuju hybrid university,” kata Syahruddin.*

Share this: