Peserta dari 13 Negara Ikuti Unpad Hybrid Summer Program 2021

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka kegiatan “Unpad Hybrid Summer Program”, Rabu (8/12/2021). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran melalui Kantor Internasional dan Fakultas Teknik Geologi menyelenggarakan kegiatan “Unpad Hybrid Summer Program” tahun 2021, Rabu (8/12/2021) hingga Kamis (16/12/2021). Digelar secara hybrid, lebih dari 100 peserta mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua pelaksana kegiatan Adhi Hardiono, M.T., mengatakan, peserta tersebut berasal dari negara Ekuador, Jepang, Singapura, Malaysia, Madagaskar, Pakistan, Timor Leste, Zambia, Afrika Barat, Thailand, Mesir, Laos, dan juga Indonesia.

Unpad Hybrid Summer Program akan mengajak peserta melihat beragam kekayaan alam dan budaya di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Sebagian besar peserta mengikuti kegiatan secara virtual. Peserta secara luring merupakan para mahasiswa asing yang sedang menempuh studi di Unpad.

“Peserta akan diajak secara virtual untuk berdarmawisata untuk menambah pengalaman dan pengetahuan peserta,” ujat Adhi pada acara pembukaan “Unpad Hybrid Summer Program” yang disiarkan dari Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (8/12/2021).

Lebih lanjut Adhi menjelaskan, kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dipilih karena merupakan sampel terbaik bagaimana alam, sosial, dan budaya Jawa Barat dapat terkonservasi dengan baik. “Peserta juga akan mendapatkan beragam materi dari pembicara multidisiplin,” imbuhnya.

Dekan FTG Unpad Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., PhD, mengatakan, kegiatan Summer Program secara hybrid ini merupakan kali pertama yang dilakukan Unpad. Peserta tidak hanya mendapatkan pemaparan dari para pemateri melalui kelas virtual. Akan tetapi, peserta juga diajak untuk melihat dan merasakan berbagai observasi lapangan yang dilakukan pemateri.

“Para pemateri merupakan guru besar dan dosen Unpad, serta para dosen dari perguruan tinggi asing yang berpartisipasi,” kata Prof. Mega.

Prof. Mega, melalui kegiatan Summer Program ini, Unpad berada pada jalur yang tepat dalam mengembangkan model pembelajaran hybrid, khususnya bagi mahasiswa asing.

“Melalui metode ini, kita tidak hanya berkontribusi untuk penguatan kajian multidisiplin, tetapi juga dalam mengembangkan solusi yang mampu menjawab beragam permasalahan mengenai implementasi pembelajaran hybrid dari para mahasiswa asing,” paparnya.

Acara Unpad Hybrid Summer Program dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Rektor mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi generasi muda dalam melestarikan alam dan budaya, sehingga tetap seimbang dan berkelanjutan.

“Manfaat dari kegiatan ini adalah peserta mendapatkan materi multidisiplin, mendapatkan pengalaman pembelajaran hybrid, hingga dapat membangun jejaring internasional,” kata Rektor.*

Share this: