LK Hima IP Unpad Tanam 100 Bibit Pohon di Kaki Gunung Geulis

Mahasiswa Ilmu Pemerintah Universitas Padjadjaran mendengarkan pengarahan sebelum memulai penanaman pohon di Desa Jatimukti, Jatinangor, Minggu (28/11/2021).*

[Kanal Media Unpad] Lembaga Kepresidenan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran melakukan penanaman pohon di Desa Jatimukti, Jatinangor, Minggu (28/11/2021) lalu. Kegiatan tersebut sebagai wujud peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh di tanggal tersebut.

Perwakilan LK Hima Ilmu Pemerintahan Unpad, Bintang Zefanya mengatakan, kegiatan ini merupakan program sosial kemasyarakat bertajuk “Sawagati” yang digelar LK Hima IP Unpad. Bekerja sama dengan Forum Komunikasi Gunung Geulis dan Karang Taruna Kegiatan penanaman pohon tersebut digelar di lahan bekas penggalian pertambangan pasir yang berada persis di kaki Gunung Geulis.

“Diharapkan dengan kegiatan ini kami bisa melakukan penghijauan di area bekas penambangan tanah di Desa Jatimukti,” kata Bintang Zefanya saat diwawancarai Kanal Media Unpad.

Selain melakukan penghijauan, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran mahasiswa Ilmu Pemerintahan dan masyarakat untuk terus menjaga lingkungan.

Pada kegiatan ini, sebanyak 100 bibit pohon manglid dan mahoni ditanam oleh mahasiswa dan masyarakat. Bibit pohon tersebut diperoleh dari SPTH Provinsi Jawa Barat dan Forum Komunikasi Gunung Geulis.

Bintang mengatakan, kegiatan ini mendapat respons yang positif dari masyarakat. “Alhamdulillah, dari pihak desa pun berharap ada keberlanjutan dari kegiatan ini,” ujarnya.

Program Sawagati sendiri merupakan program yang dilakukan LK Hima IP Unpad untuk dengan tujuan meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap kondisi sosial dan lingkungan di Jatinangor.

Kegiatan penanaman ini merupakan volume kedua. “Sawagati Vol.1 kami telah melaksanakan bakti sosial di Panti Asuhan Bina Umat, Rancaekek,” kata Bintang.*

Share this: