Fikom Unpad Hadirkan Akademisi dan Praktisi Komunikasi Internasional

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka secara resmi acara n “The 3rd Padjadjaran Communication Conference Series 2021 (PCCS 2021)” secara virtual, Selasa (30/11/2021) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan “The 3rd Padjadjaran Communication Conference Series 2021 (PCCS 2021)” secara daring, pada 30 November dan 1 Desember 2021. Ajang ini menjadi pertemuan berbagai ide dari akademisi dan praktisi komunikasi dari berbagai negara.

Tahun ini PCCS mengangkat tema “Optimizing Communication in Fostering Community Resilience”. Tema ini diangkat sesuai dengan kondisi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

“Konferensi ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi di antara akademisi, praktisi, pemerintah, dan masyarakat dengan saling berbagi pengetahuan dan wawasan akademik untuk kemajuan ilmu komunikasi,” kata Ketua Panitia Benazir Bona Pratamawaty, M.I.Kom.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa acara ini sangat relevan dengan visi dan misi Unpad. Solusi yang hadir dalam kegiatan ini pun diharapkan dapat turut membawa Unpad bermanfaat dan mendunia.

Rektor pun menilai tema yang diangkat sesuai dengan kondisi saat ini tentang bagaimana menghadapi pandemi Covid-19 dan post Covid-19. Masyarakat saat ini menghadapi tantangan di berbagai bidang akibat pandemi. Kondisi ini perlu dihadapi dengan keberanian dan kecerdasan.

“Saya percaya ini waktu yang tepat untuk kita bangkit dan meningkatkan kekuatan kita dalam membangun masyarakat yang resilien,” kata Rektor.

Sementara itu Dekan Fikom Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat mengatakan bahwa PCCS bukan hanya menjadi kegiatan rutin tahunan Fikom, tetapi juga diharapkan dapat menjadi kegiatan bermanfaat untuk mengembangkan ilmu dan meningkatkan kolaborasi serta rekognisi internasional.

“Acara ini merupakan tempat bertemu ide dan hasil penelitan dari akademisi dan praktisi komunikasi di berbagai isu penting komunikasi,” ujar Dr. Dadang.

Acara The 3rd PCCS 2021menghadirkan sejumlah pembicara dari berbagai negara. Di plenary session yang pertama pembicara yang akan hadir Deborah Sellnow-Richmond, Ph.D., dari Southern Illinois University Edwardsville United States; Prof. Dr. Atwar Bajari, M.Si., dari Universitas Padjadjaran Indonesia; dan Jemma Purdey, Ph.D., dari Monash University Australia.

Pada plenary session yang kedua hadir Prof. Dr. Fiona Verity dari Swansea University United Kingdom; Jimmy Kainja MRes, BSc dari Universitas of Malawi; dan Dr. Evi Novianti, M.Si., dari Universitas Padjadjaran.

Kegiatan PCCS 2021 ini dibagi ke dalam dua kegiatan utama yaitu workshop penulisan dan konferensi internasional. Luaran dari workshop penulisan adalah artikel ilmiah yang siap dipublikasikan oleh Fikom Unpad dalam jurnal internasional terindeks Scopus Q2, Q3, dan Q4

Artikel yang dipresentasikan pada The 3rd PCCS adalah sebanyak 66 artikel. Artikel-artikel tersebut mengangkat beragam subtema, yakni Journalism in the Digital Era, Television and Film in the Converegence Era, Gender and Information, Digital Media and Communication, Political Communication, Public, Opinion and Policy, Information and Archives in the Digital Era, Public Relations, serta subtema lainnya.*

Share this: