Unpad-Unicef Gelar KKN Tematik Kesehatan di 7 Kabupaten di Jawa Barat

Unicef
Koordinator KKN Tematik Kesehatan Unpad Dr. Eka Purna Yudha, M.Si., menjelaskan mengenai tujuan pelaksanaan KKN Tematik Kesehatan 2021 kerja sama Unpad dengan Unicef Indonesia dalam acara pembekalan yang digelar secara virtual, Senin (22/11).*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Unicef Indonesia menggelar KKN Tematik Kesehatan 2021 pada 25 November hingga 25 Desember 2021. Sebanyak tujuh kabupaten di Jawa Barat menjadi lokasi prioritas KKN.

Koordinator KKN Tematik Kesehatan Unpad Dr. Eka Purna Yudha, M.Si., menjelaskan, KKN Tematik ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di masyarakat.

Ada tiga isu kesehatan yang disorot dalam KKN ini, yaitu percepatan vaksinasi Covid-19, memantau penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, serta peningkatan cakupan imunisasi balita lengkap di Jawa Barat.

“Kesadaran akan vaksin di belum optimal, beberapa kota di Jawa Barat juga masih terjadi ketimpangan cakupan vaksinasi,” kata Eka dalam acara pembekalan KKN Tematik Kesehatan Unpad Tahun 2021 secara virtual, Senin (22/11/2021).

Pelaksanaan KKN ini diikuti 416 mahasiswa Unpad dengan jumlah Dosen Pendamping Lapangan (DPL) 34 orang. Digelar secara hybrid, mahasiswa tersebut tersebar di 34 desa di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cirebon.

Eka menjelaskan, nantinya dosen dan mahasiswa didorong menyiapkan pendekatan untuk menyelesaikan tiga isu tersebut. Setiap wilayah memiliki kondisi dan permasalahan bervariasi. Karena itu, program yang dijalankan setiap kelompok KKN akan berbeda dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Secara teknis, mahasiswa peserta KKN Tematik bertugas mengidentifikasi kondisi sosial masyarakat. Mulai dari pemantauan cakupan vaksinasi Covid-19, pemantauan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, serta cakupan imunisasi balita.

Identifikasi kemudian dicatat dan dilaporkan secara berkala. Dari data identifikasi tersebut, setiap kelompok mengusulkan sejumlah rekomendasi yang bisa diajukan untuk menyelesaikan tiga isu tersebut.

Pelaksanaan KKN Tematik Kesehatan ini mengikutsertakan partisipasi masyarakat, sukarelawan, pemerintah daerah, serta tokoh agama dan masyarakat di setiap desa.

Child Survival and Development Specialist Unicef Indonesia Armunanto menjelaskan, kolaborasi Unpad dan Unicef melalui KKN Tematik ini diharapkan dapat membantu Pemprov Jabar dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19 serta cakupan imunisasi dasar lengkap bagi balita.

“Kita berupaya membantu Pemprov Jabar untuk memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran untuk memberikan pelayanan yang terbaik terkait dengan imunisasi di 7 kabupaten,” kata Armunanto.

Jika melihat data cakupan vaksinasi nasional, Jawa Barat menjadi strategis dengan sasaran target populasi yang besar, yaitu hampir sekitar 40 juta. Namun, data vaksinasi dosis lengkap baru mencapai 31 persen.

“Artinya kalau kita bisa menyelesaikan vaksinasi di Jawa Barat, kita sudah bisa kontribusi hampir sekitar 40 juta target sasaran di Indonesia,” kata Armunanto.

Acara pembekalan ini juga dibuka secara resmi oleh Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohammad Fafmi, PhD.*

Share this: