Tim PHP2D Unpad Berikan Edukasi Kebencanaan di Desa Cihanjuang, Sumedang

Tim Padjadjaran Nursing Corps memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat di Desa Cihanjuang, Sumedang, Jumat (12/11/2021).*

[Kanal Media Unpad] Padjadjaran Nursing Corps (PNC) Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran memberikan edukasi kebencanaan di Desa Cihanjuang, Kabupaten Sumedang 12-13 November 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 yang dilakukan tim di desa tersebut sejak Agustus 2021.

“Kegiatan ini merupakan salah satu hal penting yang perlu dilaksanakan agar warga desa dapat mengetahui bagaimana untuk mengantisipasi ketika bencana datang dan hal ini diharapkan dapat mengurangi korban saat bencana terjadi,” ujar dosen pembimbing Ristina Mirwanti, S.Kep., Ners., M.Kep dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Sebelumnya, tim telah melaksanakan sejumlah kegiatan melalui PHP2D bertajuk “Cihanjuang Siaga Bencana”, yaitu membuat pemetaan wilayah dan jalur evakuasi. Sebagai penutup, pemberian edukasi berfokus pada materi kebencanaan seperti deteksi dan mitigasi bencana serta perencanaan dan pengendalian penanganan bencana.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bencana khususnya di Desa Cihanjuang serta dapat dijadikan sebagai upaya dalam membantu terbangunnya Desa Cihanjuang Siaga Bencana.

Kegiatan ini juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Sumedang, Stasiun Geofisika Kelas I Bandung (BMKG), Karang Taruna Desa Cihanjuang, Gerakan Muda Pecinta Alam (Gempa), dan Kader Desa Cihanjuang.

Di hari pertama, edukasi diberikan dengan materi mengenai deteksi dini dan mitigasi bencana dengan narasumber dari Stasiun Geofisika Kelas I Bandung dan BPBD Kab. Sumedang.

Selanjutnya di hari kedua, dilaksanakan simulasi dan penyampaian materi terkait Pertolongan Pertama Pada Bencana (P3B) oleh dosen Fkep Unpad Etika Emaliyawati, S.Kep., Ners., M.Kep. dan Ristina Mirwanti, S.Kep., Ners., M.Kep.

Kegiatan dihadiri oleh 47 peserta yang berasal dari kelembagaan desa (Kader PKK, Karang Taruna, Gerakan Muda Peduli Alam), sejumlah mitra PHP2D PNC Fkep Unpad (BPBD Kab. Sumedang, Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Departemen Gawat Darurat dan Kritis Fkep Unpad), Kepala Desa Cihanjuang beserta perwakilan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga pemeriksaan dan pendidikan kesehatan masyarakat yang terdiri dari tekanan darah dan kadar GCU (gula darah, kolesterol, dan asam urat) oleh Unit Kegiatan Kemahasiswaan Padjadjaran Nursing Corps (PNC) FKep Unpad.

Dii akhir acara, tim Unpad menyerahkan alat-alat kebencanaan dan evakuasi seperti sepatu boots, pelampung kebencanaan, tandu evakuasi, dan kotak P3K dari kepada Desa Cihanjuang. Pemberian alat-alat tersebut ditujukan untuk mendukung upaya Desa Cihanjuang Siaga Bencana.(rilis)*

Share this: