Bahas Inovasi dan Pemodelan Matematika, FMIPA Unpad Gelar IcoCOME 2021

Suasana
Suasana International Conference On Control, Optimization and Mathematical Engineering (ICoCOME) 2021 yang digelar DepartemenMatematika Fakultas MIPA secara daring, Rabu (17/11/2021).

[Kanal Media Unpad] Departemen Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran menggelar International Conference On Control, Optimization and Mathematical Engineering (ICoCOME) 2021 secara daring, Rabu (17/11/2021).

Mengangkat tema “Inovasi dan Pemodelan Matematika untuk Merevitalisasi Kembali Ekonomi Setelah Pandemi Covid-19”, ICoCOME 2021 diikuti oleh 114 peserta dari tujuh negara, yaitu dari India, Cina, Malaysia, Irak, Iran, Indonesia, dan Nigeria.

“Tujuan kegiatan ini adalah menemukan ide dan inovasi dalam bidang sistem kendali, optimisasi, dan pemodelan matematika untuk merevitalisasi kembali perekonomian pasca pandemi Covid-19, dan meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi karya ilmiah bagi para peneliti dan akademisi, terutama yang berkaitan dengan bidang sistem kendalian, optimisasi, dan pemodelan matematika,” kata Ketua Panitia sekaligus Presiden Indonesian Operations Research Associations (IORA) Prof. Dr. Sudradjat.

Penyelenggaraan ICoCOME 2021 bekerja sama dengan sejumlah pihak, yaitu Indonesian Mathematical Society (IndoMS), Indonesian Operations Research Association (IORA), dan Management Science / Operations Research Society of Malaysia (MSORSM), serta didukung beberapa universitas di dunia, Research Collaborations Community (RCC), serta sejumlah institusi industri. 

Dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Hendarmawan, ICoCOME 2021 juga menghadirkan Prof. Dr. Indah Wijayanti selalu Presiden IndoMS untuk menyampaikan sambutan.

Acara ini menghadirkan empat orang Keynote Speakers yang menyampaikan hasil risetnya yang sangat menarik.. Mereka adalah Assoc. Prof. Ts. Dr. Adibah Shuib, FI MA dari Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia, Prof. Dr. Sudradjat Supian dari Universitas Padjadjaran Indonesia, Prof. Dr. Sundarapandian Vaidyanathan dari Vel Tech University India, dan Prof. Dr. Saleh Mobayen
dari University of Zanjan, Iran & National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan.

Selain itu, terdapat 3 pembicara lain yang tampil pada sesi Plenary Speakers, yaitu Dr. Nursanti Anggriani, M.Si. dari Universitas Padjadjaran, Indonesia, Prof. Dr. M. Yusuf Waziri dari Bayero University Kano, Nigeria dan Prof. Shahjahan Khan dari University of Southern Queensland, Australia.

Sementara pada sesi paralel, terdapat 105 presenter yang berasal dari 8 negara, dan berasal dari 30 institusi yang berbeda.

Sebelumnya, sebagai rangkaian kegiatan ICoCOME ini Departemen Matematika Unpad telah melaksanakan WorkshopWriting and Publishing Scientific Paper, pada 23 Oktober 2021. Acara ini yang diikuti oleh 121 Peserta dari 7 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Nigeria, Libya, Irak, dan Amerika Serikat.(rilis)*

Share this: