Akademisi dari Berbagai Negara Ikuti Seminar Internasional Kimia di Unpad

Dekan Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran yang juga Guru Besar bidang Ilmu Kimia Fisik Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si., menjadi pembicara pada acara “The 5th International Seminar on Chemistry (The 5th ISC 2021)” pada 27-28 Oktober 2021 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Untuk meningkatkan kontribusi dan menghasilkan solusi pada tantangan global, Departemen Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran menggelar “The 5th International Seminar on Chemistry (The 5th ISC 2021)” pada 27-28 Oktober 2021 lalu. Acara diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai negara.

ISC merupakan kegiatan yang digelar tiga tahun sekali oleh Kimia Unpad. Acara pertama kali digelar pada tahun 2008, kemudian kegiatan ini kembali diselenggarakan pada tahun 2011, 2014 dan 2017. Sedianya, kegiatan ISC ke-5 diselenggarakan pada tahun 2020, namun karena terkendala Pandemi Covid-19, kegiatan diundur pelaksanaanya menjadi tahun ini.

Tema kegiatan tahun ini adalah “Chemistry for Global Challenges”. Tema ini diangkat mengingat semakin banyaknya tantangan global yang memerlukan penanganan, dari isu yang menyangkut lingkungan, kesehatan, pangan, dan bidang lainnya yang berkaitan erat dengan kualitas kehidupan manusia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antara akademisi, peneliti, dan pelaku industri yang pada akhirnya dapat membuka kerja sama antar pihak, baik dalam bidang pendidikan ataupun penelitian yang pada akhirnya dapat mengatasi berbagai isu global,” ujar Ketua Panitia The 5th ISC 2021 Prof. Dr. Iman Permana Maksum dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Pada sambutannya, Ketua Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Mohammad Rafi, Ph.D berharap acara ini dapat menjadi ajang untuk menimba pengalaman dan pengetahuan. Dengan demikian, peserta dapat termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang kimia dan ilmu lain yang terkait melalui peningkatan jejaring kerja sama.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan bahwa saat ini banyak isu global yang perlu perhatian dari akademisi, peneliti, dan pengambil keputusan. Berbagai isu tersebut perlu keterlibatan Ilmu Kimia.

Sejumlah peserta yang mengikuti acara tersebut diantara berasal dari Indonesia, Malaysia, Yaman, Australia, dan Perancis. Selama 2 hari kegiatan seminar, telah dipresentasikan sebanyak 66 presentasi oral dan 35 presentasi video/poster.

Acara juga menghadirkan Sembilan orang pembicara dari berbagai institusi internasional, yaitu Prof. Dr. Koichi Fukase (Osaka University, Jepang), Prof. Dr. Khalijah Awang (Universiti Malaya, Malaysia), Prof. Dr. Ran Friedman (Linnaeus University, Swedia), Prof. Dr. Mehmet Ozsoz (Near East University, Turkey), Dr. Martin Peacock (Zimmer & Peacock, Inggris), Prof. Dr. Todd Marder (Wurzburg University, Jerman), A/ Prof. Dr. Kristina Djanashvili (TU Delft, Belanda), A/Prof. Dr. Pamela Pasetto (Le Mans University, Perancis), dan Prof. Dr. Iman Rahayu (Universitas Padjadjaran, Indonesia).(rilis)*

Share this: