Unpad-Mico Biomed Jajaki Kerja Sama Pengembangan Klinik Kesehatan

Mico Biomed
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Hendarmawan melakukan pertemuan dengan CEO Mico Biomed Indonesia Sang Choi dan Direktur Operasional PT. Langit Pandu Anugerah selaku perusahaan prinsipiel Mico Biomed di Indonesia Agus C. Wirawan di Ruang Serba Guna Gedung Rektorat Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (21/10/2021). (Foto: Arif Maulana)*

[Kanal Media Unpad] Perusahaan Mico Biomed asal Korea Selatan tertarik ikut mengembangkan Klinik Kesehatan Universitas Padjadjaran. Salah satu komitmen yang ditawarkan adalah memberikan sejumlah mesin berteknologi terbaru untuk digunakan di laboratorium Klinik Kesehatan Unpad.

Hal tersebut disampaikan CEO Mico Biomed Indonesia Sang Choi saat melakukan kunjungan ke Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (21/10/2021). Pada kunjungan tersebut, Sang meninjau langsung ke Klinik Kesehatan Unpad.

Saat melakukan pertemuan dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, Sang mengatakan, sebagai perusahaan yang memproduksi mesin dan alat-alat medis, Mico Biomed berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Salah satu yang sudah dilakukan adalah menyediakan mesin PCR cuma-cuma untuk disebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Penyediaan mesin PCR tersebut merupakan wujud kontribusi Mico Biomed dalam membantu penanganan pandemi di Indonesia.

“Kita juga berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Unpad,” kata Sang.

Dalam pemaparannya, Direktur Utama Klinik Kesehatan Unpad Prof. A. Hussein S. Kartamihardja mengatakan, Klinik Kesehatan Unpad ditargetkan untuk meningkatkan kapabilitasnya. Bukan hanya dari segi sumber daya manusia, tetapi juga dari alat-alat yang ada.

Hal senada juga disampaikan Direktur Pelayanan Klinik Kesehatan Unpad Dr. Agung Dinasti Permana, dr., Sp.THT-KL(K), M.Kes., saat ini laboratorium klinik yang ada masih berada pada tingkat dasar klinik kesehatan, yaitu klinik pratama. Laboratorium Klinik Kesehatan Unpad saat ini melayani pemeriksaan hematologi, kimia, dan serologi (antibodi).

“Kita harapkan ke depan, kita bisa berekspansi mengembangkan lebih banyak layanan kepada pasien,” kata Agung.

Dengan dukungan mesin kesehatan terbaru, diharapkan laboratorium Klinik Kesehatan Unpad bisa berkembang menjadi laboratorium mandiri dengan layanan pemeriksaan yang lebih lengkap. Target pasien tidak hanya dari kalangan internal Unpad, tetapi juga mampu menjadi rujukan bagi perusahaan di luar Unpad.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Hendarmawan mengharapkan kerja sama yang akan dilakukan dengan Mico Biomed bisa didorong ke arah hilirisasi riset atau transfer teknologi.

Ini dilakukan mengingat Mico Biomed merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan teknologi terkini. “Kita harapkan Unpad dan Mico Biomed bisa sama-sama mengembangkan teknologi terbaru,” tuturnya.

Menanggapi harapan ini, Sang menyatakan siap untuk menjalankan riset bersama dengan Unpad. “Mico Biomed memerlukan mitra untuk menghasilkan produk yang khusus digunakan di Indonesia,” kata Sang.

Di saat yang sama, Unpad juga menghibahkan sejumlah mesin PCR kepada laboratorium kesehatan daerah dan RSUD di Jawa Barat. Mesin tersebut merupakan bagian dari program hibah mesin PCR dari Mico Biomed kepada Unpad. Secara simbolis, mesin diserahkan langsung oleh Prof. Hendarmawan kepada perwakilan Labkesda dan RSUD.*

Share this: