Dukung Pembelajaran Hybrid, Unpad Berlangganan 40.000 Lisensi Akun Zoom Premium

Zoom premium
Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran drg. Dani Rizali Firman, M.Si., M.Sc., sedang memberikan perkuliahan menggunakan platform Zoom dari rumahnya.(Foto: Dadan Triawan)*
Zoom premium
Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran drg. Dani Rizali Firman, M.Si., M.Sc., sedang memberikan perkuliahan menggunakan platform Zoom dari rumahnya.(Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran telah berlangganan lisensi akun Zoom premium dalam mendukung aktivitas pembelajaran hybrid. Total ada 40.000 lisensi Zoom premium berkapasitas 300 orang bisa dimanfaatkan cuma-cuma oleh sivitas akademika Unpad.

Kepala Pusat Teknologi dan Sistem Informasi Unpad Alan Ridwan Maulana, M.Kom., menjelaskan, berdasarkan hasil observasi, banyak dosen Unpad yang terbiasa menggunakan platform telekonferensi Zoom daripada platform lainnya dalam melakukan perkuliahan daring.

“Selain lebih fleksibel, kuotanya lebih murah, penggunaannya lebih mudah, sehingga banyak dosen yang menggunakan akun Zoom daripada akun lainnya,” kata Alan, Jumat (22/10/2021).

Alan menuturkan, di tahun pertama pandemi Covid-19, Unpad sudah melanggan lisensi akun Zoom premium. Namun, jumlah lisensi yang dilanggan masih terbatas dan belum bisa mengakomodasi kebutuhan di tingkat fakultas. Karena itu, di tahun ini, Unpad bekerja sama dengan pihak ketiga untuk berlangganan lisensi Zoom.

Untuk tahap awal, pihaknya mendistribusikan lisensi tersebut untuk kebutuhan lembaga kemahasiswaan dan dosen. Pengiriman tautan aktivasi lisensi sudah dilakukan ke setiap e-mail lembaga kemahasiswaan dan dosen.

“Untuk mahasiswa, kita belum rilis. Kita lihat respons dan perkembangannya di lembaga kemahasiswaan dulu. Sampai saat ini, banyak lembaga kemahasiswaan yang belum merespons,” kata Alan.

Apabila ada dosen maupun lembaga kemahasiswaan yang ingin melakukan konfirmasi layanan, dapat mengirimkan surel ke support@unpad.ac.id.

Langkah Aktivasi Zoom Premium

Unduh PDF

Melanggan Panopto

Selain lisensi Zoom premium, Unpad juga telah melanggan aplikasi Panopto. Panopto merupakan aplikasi manajemen video yang memungkinkan rekaman hasil perkuliahan di zoom bisa disimpan dan ditampilkan pada aplikasi Panopto.

Alan mengatakan, Panopto dinilai lebih praktis dalam menyimpan hasil rekaman Zoom. Selain itu, aplikasi Panopto juga sudah terintegrasi dengan platform E-learning Unpad.

“Jadi kalau ada mahasiswa yang terlewat mengikuti sinkronus di Zoom, mereka bisa mengikuti rekamannya di Panopto,” kata Alan.

Alan mengingatkan, bagi sivitas akademika yang sudah mendapatkan akses lisensi Zoom premium dan Panopto, untuk berhati-hati ketika akan membagikan akses login. Setiap akun sudah terintegrasi dengan portal staffs, email Unpad, Zoom, dan Panopto.

“Mohon untuk tidak men-share akun tersebut ke yang lain, karena itu akun personal,” kata Alan.*

Share this: