Didampingi 400 Mentor, 6.315 Mahasiswa Baru Unpad Ikuti Program TPB-OKK

OKK
Rektor Unversitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka pelaksanaan program Tahapan Persiapan Bersama dan OKK bagi mahasiswa Unpad tahun akademik 2021/2022 secara daring, Selasa (31/8),*
OKK
Rektor Unversitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka pelaksanaan program Tahapan Persiapan Bersama dan OKK bagi mahasiswa Unpad tahun akademik 2021/2022 secara daring, Selasa (31/8),*

[unpad.ac.id] Kegiatan Tahapan Persiapan Bersama (TPB) dan OKK bagi mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2021/2022 secara resmi dibuka oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti secara daring, Selasa (31/8). Tahun ini kegiatan akan diikuti 6.315 mahasiswa dan dibimbing oleh 400 mentor.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan bahwa pelaksanaan TPB tahun ini dilakukan dengan pendekatan outcome based education. Hal ini ditujukan untuk membentuk karakter lulusan sebagai “Jawara 5.0”, yaitu unggul, satria, dan inovatif.

“Kegiatan ini nanti output-nya adalah suatu proyek yang kita harapkan dapat menginisiasi kemampuan mahasiswa untuk  bertransformasi sebagai active citizen nanti pada saat mereka lulus dan bekerja di masyarakat,” ujar Prof. Arief.

Program TPB akan dilaksanakan melalui pendekatan innovative design thinking yang akan mengintegrasikan mata kuliah wajib kurikulum, yaitu Pendidikan Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia. Kegiatan TPB akan diintegrasikan dengan OKK.

“Sehingga nanti Insyaallah dengan mengintegrasikan OKK dan TPB ini akan menghasilkan keterpaduan kurikulum yang transformatif,” harap Prof. Arief.

Selain mengikutsertakan dosen Unpad, kegiatan TPB tahun ini juga melibatkan mentor dari  sejumlah alumni Unpad dan praktisi. Kegiatan juga mengikutsertakan 208 fasilitator dan  200 mitra yang akan turut membina sekitar 400 proyek mahasiswa.

“Harapannya dalam kegiatan ini nanti pada akhir semester dapat dihasilkan 400 proyek, dan 400 proyek ini tidak hanya berfungsi untuk memberikan pengalaman belajar yang cukup kuat bagi mahasiswa, tetapi juga dapat diintegrasikan dalam bentuk kegiatan yang dapat menghasilkan sesuatu yang bisa kita integrasikan dalam bermasyarakat,” harap Prof. Arief.

Dalam sambutannya, Rektor berharap setelah mengikuti kegiatan ini para mahasiwa atau lulusan Unpad nantinya akan berkontribusi pada kemajuan peradaban serta kesejahteraan individu, kolektif, dan bangsa Indonesia.

“TPB ini betul-betul punya pesan, punya harapan yang sangat besar, dan kalua ini berhasil maka mahasiswa akan terbiasa pada kehidupan kampus dan bermasyarakat,” kata Rektor.

Sementara itu Ketua Ikatan Alumni (Ika) Unpad Irawati Hermawan mengatakan, dengan ikut sertanya para alumni Unpad yang sudah berkecimpung dalam praktik kerja diharapkan dapat memperkaya wawasan para mahasiswa, di samping ilmu yang diberikan oleh para dosen.

“Saya selalu ingin agar lulusan-lulusan baru itu punya kepercayaan diri kemudian bisa talkative. Saya rasa itu bisa diperoleh dari mentor yang memang sudah berkecimpung dalam praktik,” ujar Ira.(arm)*

Share this: