Peringati Dies Natalis ke-64 Unpad, 1.590 Peserta Ikut Lomba Olahraga “Hybrid”

Rektor Universitas Padjadjaran membuka Lomba Olahraga Hybrid dalam rangka Dies Natalis ke-64 Unpad secara virtual, Senin (16/8).*

[unpad.ac.id] Sebanyak 1.590 peserta mengikuti Lomba Olahraga Hybrid yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-64 Universitas Padjadjaran. Lomba dilaksanakan pada 16-21 Agustus 2021, meliputi lomba lari, jalan, dan sepeda.

Lomba olahraga dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti secara daring pada Senin (16/8) pada pukul 6.40 pagi. Hal ini juga menandakan dimulainya pencatatan lomba.

“Kita akan mulai lomba olahraga hybrid ini supaya kita sehat dan supaya kita mendukung Unpad dalam usia 64 tahun akan lebih maju lagi dengan dukungan Bapak Ibu semua,” kata Rektor.

Rektor mengatakan, melalui kegiatan ini, peserta diajak untuk merdeka bergerak. Peserta dapat memilih salah satu dari tiga cabang olahraga, yaitu lari, jalan, atau sepeda. Peserta juga dapat memilih waktu  dan tempat olahraga yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

Pada lomba ini, peserta diminta untuk berolahraga dengan jarak minimal yang sudah ditentukan, yaitu minimal 6,4 km untuk lomba jalan dan lari, serta 64 km untuk lomba sepeda. Pemenang akan dipilih berdasarkan jarak terjauh yang dapat ditempuh. Pencatatan akan dilakukan berdasarkan aplikasi olah raga yang sebelumnya harus diunduh peserta.

 “Dalam 2 minggu ke depan semua terekam, memang targetnya adalah juara, tapi menurut saya targetnya adalah sehat. Kita niatkan kita semua sehat, kita bahagia,” kata Rektor.

Mengingat saat ini masih alam situasi pandemi, Rektor pun mengingatkan untuk tidak melupakan protokol kesehatan.

“Dalam kondisi pandemi mari berolah raga dengan protokol kesehatan,” kata Rektor.

Melalui kegiatan ini, selain untuk meningkatkan kesehatan warga Unpad, juga sebagai upaya mengurangi penggunaan kendaraan bermotor .

“Mudah-mudahan kita tetap sehat , warga Unpad tetap sehat, kita juga pro lingkungan hidup dengan olah raga,” kata Rektor.

Sementara itu ketua panitia lomba Dr. med. Setiawan mengatakan bahwa, peserta pada lomba ini meliputi tenaga kependidikan, dosen, mahasiswa, alumni, dan keluarga staf Unpad. Peserta dibagi dalam sejumlah kelompok usia.

Ia mengatakan, peserta paling banyak mengikuti lomba jalan, yaitu sekitar 700 peserta. Sementara peserta yang mengikuti lomba sepeda sekitar 600 peserta, dan selebihnya mengikuti lomba lari.

 “Harapannya kita bisa memberikan pengaruh positif bagi warga Unpad seluruhnya,” harapnya. (arm)*

Foto oleh Dadan Triawan

Share this: