Dadang Sjarif Hidajat Effendi
Prof. Dr. Dadang Sjarif Hidajat Effendi, dr., Sp.A(K).*
Dadang Sjarif Hidajat Effendi
Prof. Dr. D. Sjarif Hidajat Effendi, dr., Sp.A(K).*

[unpad.ac.id] Kabar duka kembali menyelimuti Universitas Padjadjaran. Salah seorang guru besarnya, Prof. Dr. D. Sjarif Hidajat Effendi, dr., Sp.A(K)., dari Fakultas Kedokteran meninggal dunia pada usia 72 tahun, Minggu (25/7).

Almarhum Prof. Sjarif merupakan guru besar yang memiliki kepakaran pada bidang pediatri atau ilmu kesehatan anak. Lahir di Bandung, 6 Agustus 1948, Prof. Sjarif menyelesaikan studi Sarjana Kedokteran di FK Unpad pada 1976, kemudian dilanjutkan Spesialis Kedokteran Anak FK Unpad (1982-1986), dan program Doktor di FK Unpad (1996-2002).

Dedikasi almarhum di FK Unpad dimulai dengan menjadi staf pengajar di Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unpad (1976-1981), kemudian menjadi staf di Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Unpad (1986-sekarang).

Pada karier keprofesiannya, almarhum Prof. Sjarif pernah menduduki sejumlah jabatan, di antaranya Wakil Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia cabang Jawa Barat periode 1999-2003 serta Ketua Perinasia cabang Jawa Barat pada 2009-2013.

Almarhum Prof. Sjarif mendapat penghormatan terakhir melalui upacara pelepasan yang digelar di halaman Gedung Rektorat Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Minggu (25/7) pagi.

Dekan FK Unpad Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., Sp.OG(K) saat membacakan daftar riwayat hidup almarhum mengatakan, Prof. Sjarief merupakan sosok yang terus mengembangkan ilmu kesehatan anak, khususnya pada bidang perinatologi.

“Banyak sekali karya ilmiah beliau yang sudah dibuat dan membimbing beberapa mahasiswa. Betul-betul beliau sudah lama mengabdi di FK Unpad,” kata Yudi.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, banyak sekali jasa almarhum bagi perkembangan dan kemajuan FK Unpad, universitas, maupun perkembangan ilmu kedokteran anak secara global.

“Selamat jalan, jasa-jasa dan pengabdian Prof. Sjarif terhadap almamater dan dunia kedokteran tentu akan kami kenang dan dimanfaatkan untuk kemajuan Unpad,” kata Rektor.

Almarhum Prof. Sjarif merupakan suami dari Prof. Dr. Willyanti Soewondo, drg., Sp.Ped. KGA (K), yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Unpad.*

Share this: