FTG Unpad Tawarkan Program Internasionalisasi untuk Mahasiswa

FTG Unpad
Gedung Dekanat Fakultas Teknik Geologi Unpad. (Foto: Dadan Triawan)*
FTG Unpad
Gedung Dekanat Fakultas Teknik Geologi Unpad. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id] Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran meluncurkan Program Internasional Semester Genap 2020/2021, sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi lulusan dalam hal attitude, leadership, networking, skill, knowledge, dan international competence.

Program tersebut resmi dilucurkan oleh Dekan FTG Unpad Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc. Ph.D., dalam pertemuan secara daring dengan sejumlah pimpinan fakultas dan mahasiswa program sarjana, Selasa (13/4) lalu.

Ketua Program Studi Sarjana Teknik Geologi Unpad Dr. Rd Irvan Sophian, MT menjelaskan, partisipasi mahasiswa dalam program internasional ini dalam rangka meningkatkan lulusan FTG menjadi lebih baik.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan program pembelajaran di tengah pandemi. Program ini juga menjadi salah satu langkah Teknik Geologi Unpad dalam implementasi program Kampus Merdeka.

“Program Internasional ini terdiri dari program Student Exchange, Magang, Symposium international poster presentation Pemetaan Geologi Lanjut, dan yang menjadi unggulan yaitu program student exchange transfer credit dengan  skema penyetaraan nilai akhir berupa transfer kredit dan SKPI, program ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Geologi, yang memenuhi kriteria dan tentu saja dengan seleksi yang cukup ketat,” ujar Irvan dikutip dari laman FTG Unpad.

Sementara Kepala Unit Internasionalisasi FTG Dr. Eng. Santi Dwi Pratiwi menjelaskan berbagai program internasionalisasi yang bisa diikuti mahasiswa.

Program tersebut antara lain pertukaran pelajar Student Exchange (transfer kredit dan thesis) dengan Akita University Jepang; Simposium Poster Pemetaan Geologi untuk Pelajar Final Year Project dengan Universitas Malaysia Kelantan; Program Mobility Students-Joint Supervisor dengan Universitas Malaysia Kelantan dan University Malaysia Sabah.

Program selanjutnya, Internship & training Program Summer 2021 dengan Japan Space Systems; Program Exchange Students – Kampus Merdeka; Program Exchange Students (thesis) dan transfer kredit dengan Kyushu University, serta Double Degree Master Program Teknik Geologi dengan Akita University.

Sinta mengatakan, program tersebut merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa yang ingin memperoleh pengalaman internasional. Tidak hanya di perkuliahan, tetapi juga program magang.

“Selain itu, dengan international exposure experience, mahasiswa FTG Unpad dapat meningkatkan relasi internasional dan upgrade soft skill,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Mega juga memberikan E-Certificate of Apreciation kepada peserta pertukaran mahasiswa transfer kredit tahun 2020 ke Akita University. Di tahun 2020, FTG Unpad mengirimkan lima mahasiswa yang terdiri dari Gabriela Cristia Natalia Gasperz, Lilian Cornelia Rieupassa,  Mirai Suchayla Adiba, dan Mila Komalasari.(rilis)*

Share this: