Kembangkan Pengalaman Belajar yang Unik, Fapsi Unpad Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Asing

Fapsi Unpad
Gedung Dekanat Fakultas Psikologi Unpad, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*
Fapsi Unpad
Gedung Dekanat Fakultas Psikologi Unpad, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 9/3/2021] Dalam mendukung akselerasi akademik, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran telah berkolaborasi dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri. Kolaborasi dilakukan berupa penyediaan mata kuliah bersama hingga penyelenggaraan riset bersama.

Kolaborasi unggulan yang sudah dilakukan adalah dengan Maasctricht University, Belanda. Melalui kerja sama ini, Fapsi Unpad mengadakan Project Virtual Mobility untuk mata kuliah Psikologi Kognitif pada mahasiswa semester 3 di program Sarjana Psikologi.

Dikutip dari laman Fapsi Unpad, proyek ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kolaborasi dalam pembuatan proposal riset dengan tema besar perbedaan aspek kognitif antara Indonesia dan Belanda dalam fenomena tertentu.

Kolaborasi dengan Maastricht University lainnya juga dilakukan pada program Doktor Psikologi, yaitu Program Joint Doctoral Degree. Program ini memungkinkan kandidat akan memperoleh gelar yang diakui oleh dua universitas.

Kandidat doktor pertama yang mengikuti program ini adalah dosen Fapsi Unpad Eka Riyanti Purboningsih, M.Psi., Psikolog. Penelitian disertasi yang dilakukan Eka memiliki promotor Prof. Dr. Hendriati Agustiani, M.Si., Psikolog dan Zahotur R. Hinduan, MOP., Ph.D dari Fapsi Unpad, seta co-promotor Dr. Philippe Verduyn dari Maastricht University.

Fapsi Unpad pun berkesempatan bergabung dalam “Joint Course : Pain Perception & Treatment”, program perkuliahan yang diselenggarakan oleh Radboud University Nijmegen (RUN), Belanda.

Perkuliahan ini dihadiri oleh mahasiswa RUN dan mahasiswa dari Unpad dan UI. Mahasiswa Fapsi Unpad yang tergabung dalam kegiatan ini terdiri dari lima mahasiswa Sarjana Psikologi dan 8 mahasiswa Magister Psikologi Profesi.

Tidak hanya itu, kolaborasi juga dilakukan pada staf pengajar. Pengajar mata kuliah ini merupakan para ahli dari berbagai profesi di beragam universitas di Belanda. Sementara dari Fapsi Unpad sendiri mengikutsertakan satu dosennya, yaiyu Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD, sebagai pengajar psikolog medis.

Pada program ini pula, tiga dosen Fapsi Unpad ikut serta menjadi asisten pengajar (co-teacher), yaitu Dr. Fitri Ariyanti Abidin (koordinator kegiatan), M. Psi., Psikolog, Airin Triwahyuni, M. Psi., Psikolog dan Dhini Andriani, M. Psi., Psikolog.

Kolaborasi internasional lainnya berhasil dijalin Fapsi Unpad dengan Vrije University Amsterdam. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan mata kuliah minoring “Mental Status Examination” pada program penjurusan Psikologi Klinis Dewasa pada Program Magister Psikologi Profesi.

Tim pengajar pada mata kuliah minoring ini terdiri dari Joeri Tijdink, MD, Ph.D, yang merupakan psikiater dari Vrije University Amsterdam/Amsterdam UMC, Belanda, sertan tim pengajar dari Fapsi Unpad adalah Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M. Psi., Psikolog (koordinator mata kuliah), Dr. Ahmad Gimmy Prathama, M. Si., Psikolog, Dr. Kustimah, M. Psi., Psikolog, dan Airin Triwahyuni, M. Psi., Psikolog.

Program ini sangat diminati dan diikuti oleh 52 mahasiswa. Bukan hanya berasal dari program penjurusan Psikologi Klinis Dewasa, tetapi dari beberapa program penjurusan lain pada angkatan 2019 dan 2020.

Kolaborasi tidak hanya berhenti sampai di sini. Fapsi Unpad akan terus mengembangkan program kolaborasi internasional lainnya untuk menyediakan pengalaman belajar yang unik dan menantang bagi para mahasiswanya. Selain itu, kolaborasi ini juga ikut serta mewujudkan visi dan misi Unpad dalam Renstra 2020-2024 “Mencapai Universitas Bereputasi Dunia dan Berdampak pada Masyarakat”.(arm)

Share this: