Terapkan Gaya Hidup Sehat, Unpad Luncurkan Program “Unpad Wellness”

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti didampingi Direktur

Laporan oleh Artanti Hendriyana

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti didampingi Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, PhD, dalam acara peluncuran program “Unpad Wellness” secara virtual pada Senin (1/2). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 1/2/2021] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti secara resmi meluncurkan program “Unpad Wellness” secara virtual pada Senin (1/2). Program ini di antaranya bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan, produktivitas, dan kualitas hidup warga Unpad.

Unpad Wellness merupakan program pemeliharaan dan peningkatan kesehatan melalui pendekatan olah raga dan aktivitas fisik, asupan nutrisi seimbang, dan manajemen pengelolaan stres/psikologis yang tepat.

Rektor mengatakan bahwa sehat merupakan sebuah kebutuhan yang harus dimiliki keluarga besar Unpad. Gaya hidup sehat perlu dilakukan untuk mendukung kesehatan jasmani maupun rohani.

[irp]

“Prinsipnya adalah sehat tidak hanya fisik tapi sehat juga secara psikologis. Gaya hidup sehat itu kebutuhan bagi kita semua,” ujar Rektor.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, PhD, berharap melalui program “Unpad Wellness”, Unpad bukan hanya menjadi institusi yang aktif berkontribusi secara ilmiah di kancah nasional dan internasional. Di sisi lain warganya pun harus tetap sehat dan bahagia.

“Unpad Wellness ini bertujuan untuk mencapai Unpad Sehat Pisan atau Unpad Sehat Pikir, Sehat Spiritual, Sehat Aktivitas, dan Sehat Makan,” ujar Aulia.

Dalam sambutannya Aulia mengatakan, “Unpad Wellness” memiliki misi menurunkan risiko angka kesakitan warga Unpad, meningkatkan produktivitas warga Unpad, menjadikan pola hidup sehat sebagai budaya di Unpad, dan meningkatkan kualitas hidup warga Unpad.

[irp]

Program “Unpad Wellness” Batch I akan dilakukan mulai 1 Februari 2021 hingga 9 April 2021 mendatang. Pada gelombang ini, kegiatan akan diikuti oleh sejumlah pimpinan universitas, pimpinan fakultas, guru besar aktif, dan tenaga kependidikan Sekolah Pascasarjana sebagai proyek perdana unit kerja.

Program “Unpad Wellness” sendiri di antaranya meliputi seminar kesehatan, asesmen awal, konseling grup dan individual, aktivitas fisik, monitoring, dan asesmen akhir.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan seminar Kick Off Program Unpad Wellness dengan pembicara Prof. Ambrosius Purba dengan materi  “Aktivitas Fisik untuk Hidup Lebih Sehat dan Bahagia”, Dr. Gaga Irawan dengan materi “Gizi Seimbang untuk Kesehatan dan Kebahagiaan”, dan Aulia Iskandarsyah, PhD mengenai “Aspek Psikologi Hidup Sehat dan Bahagia”. Acara juga dilanjutkan dengan pengenalan program Unpad Wellness oleh tim.(arm)*

 

Share this: