Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. (Foto: Kantor Komunikasi Publik Unpad)*

Laporan oleh Arif Maulana

SNMPTN
Kampus Universitas Padjadjaran di Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 15/2/2021] Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka mulai Senin (15/2) pukul 15.00 WIB hingga Rabu (24/2) mendatang. Pendaftaran dilakukan melalui login di Portal LTMPT menggunakan akun LTMPT yang sudah teregistrasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan, persentase daya tampung Unpad pada jalur SNMPTN adalah berkisar 20 – 30 persen dari total daya tampung keseluruhan.

“Seluruh program studi Sarjana dibuka di SNMPTN,” ujar Prof. Arief saat diwawancarai Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Dijelaskan Prof. Arief, SNMPTN diikuti oleh siswa yang berhak atau eligible mendaftar. Ada dua kriteria seorang siswa dikategorikan eligible, yaitu secara administratif dan substantif.

[irp]

Peserta yang berhak secara administratif merupakan siswa yang telah mengisi PDSS dan memenuhi syarat untuk diikutkan seleksi. Sementara, untuk secara substantif, kriteria ditentukan oleh sekolah masing-masing.

Lebih lanjut Prof. Arief mendorong para siswa yang dinyatakan berhak untuk mendaftar SNMPTN. Menurutnya, peluang untuk masuk perguruan tinggi lewat SNMPTN sangat baik.

Sistem seleksi pada SNMPTN dinilai cukup adil karena memperhitungkan catatan prestasi selama 3 tahun di sekolah. “Variabel penilaiannya cukup banyak, tidak hanya dari ujian saja, tetapi dari bagaimana prestasi siswa selama 3 tahun terakhir,” kata Prof. Arief.

Selain memanfaatkan peluang di SNMPTN, peserta juga diharapkan untuk memilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Usai melakukan login di Portal LTMPT, siswa diminta untuk melengkapi data orang tua pada halaman profil. Selanjutnya, siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan memasukkan program studi yang dipilih.

Jika program studi diminta mengisikan portofolio, siswa wajib untuk memasukan data portofolio tersebut. Setelah mengisikan data yang dibutuhkan, siswa melakukan finalisasi serta dapat mengunduh dan mencetak kartu registrasi.*

Share this: