Unpad-Tanihub Group Project Challenge Hasilkan Tiga Pemenang Inovasi Pertanian

Rilis

Suasana pengumuman program “Unpad-Tanihub Group Project Challenge”, Senin (30/11) lalu.*

[unpad.ac.id, 7/12/2020] Rangkaian program “Unpad-Tanihub Group Project Challenge” yang mengusung tema “Agrifuture: Membangun Ekosistem Pertanian Indonesia” resmi berakhir pada Senin (30/11) lalu. Program ini menghasilkan 3 kelompok pemenang dari mahasiswa Unpad.

Tiga pemenang tersebut antara lain: tim “Smart Watering (Zero Energy Base Fertigon System)” dengan dosen pembimbing Dr. Sophia Dwiratna Nur P.,  S.TP., M.T, berhasil meraih juara I, disusul tim “Tanilife-Saver (Solusi ekosistem pertanian masa depan tanpa food loss dan food waste) dengan dosen pembimbing Vira Kusuma Dewi, Ph.D, meraih juara II.

Selanjutnya, tim Green Tube (Pemberdayaan masyarakat berbasis budaya microgreens sebagai solusi pemanfaatan lahan sempit di lingkungan padat penduduk) dengan dosen pembimbing Dr. A. Choibar Tridakusumah, M.P., berhasil meraih juara III.

“Ketiga pemenang ini pada saat presentasi proposal di hadapan para juri secara virtual, mampu menjelaskan secara komprehensif bagaimana ide terkait pemecahan masalah pertanian yang mereka dapat di lapangan,” ungkap Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., Senin (7/12).

Pada program ini, dewan juri yang terdiri dari tiga dosen Unpad Dr. Tomy Perdana, Syariful Mubarok, PhD, dan Budi Harsanto, PhD, serta juri dari Kemenko Pemerintahan, Kemendikbud, dan tim Tanihub Group telah menyeleksi dengan cermat terhadap sejumlah proposal yang masuk.

Dari proses seleksi awal, sebanyak 8 kelompok berhasil menjadi finalis. Finalis kemudian diminta untuk melakukan presentasi terkait konsep gagasan untuk mendukung kemajuan ekosistem pertanian Indonesia di hadapan dewan juri pada 24 November lalu.

Secara teknis, poin penilaian dari ide peserta terdiri dari orisinalitas ide, kesesuaian solusi terhadap masalah, kelengkapan data, implikasi terhadap masyarakat, keterkaitan proyek dengan ekosistem pertanian, tingkat kesiapan teknologi, serta visualisasi penyampaian presentasi.

[irp]

Hasilnya, tiga pemenang tersebut dinyatakan lolos seleksi presentasi dan menjuarai kompetisi ini. “Ketiga pemenang mendapatkan apresiasi berupa sertifikat dan uang tunai,” papar Rosaria dalam keterangan tertulis kepada Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Rosaria yang juga sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan, program ini menjadi skema baru dari model pemagangan Kampus Merdeka. Dari gagasan yang diangkat, nantinya mahasiswa berkesempatan meralisasikan gagasannya di Tanihub.

“Diharapkan, mahasiswa mendapatkan penguatan keilmuan sekaligus penguatan soft skills yang mereka dapatkan selama menjalani kegiatan magang,” ujarnya.

Vice President of Corporate Services Tanihub Group, Astri Purnamasari mengungkapkan bahwa Tanihub Group sangat senang diberi kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan Unpad. Kegiatan ini merupakan pilot project dari skema “Tanihub Group Goes to Campus Project Challenge”.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Arief  S. Kartasasmita, Ph.D saat memberikan sambutan pada acara pengumuman pemenang, Selasa (30/11) lalu, mengatakan, kolaborasi Unpad dan Tanihub Group diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dan alumni Unpad untuk mendapatkan pengalaman di dunia usaha dan dunia industri.

Program “Unpad-Tanihub Group Project Challenge” sudah berlangsung sejak September lalu. Dimulai dengan webinar karier, sosialisasi program, pembukaan pendaftaran proposal, seleksi, presentasi proposal, hingga pengumuman pemenang.(arm)*

 

 

Share this: