Unpad-ANRI Tuntaskan Diklat Fungsional Pengangkatan Arsiparis Tingkat Ahli

Rilis

Suasana hari terakhir penutupan Diklat Fungsional Pengangkatan Arsiparis Tingkat Ahli dengan Metode Jarak Jauh, Jumat (27/11)*

[unpad.ac.id, 28/11/2020] Universitas Padjadjaran bekejra sama dengan Pusdiklat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berhasil menggelar Diklat Fungsional Pengangkatan Arsiparis Tingkat Ahli dengan Metode Jarak Jauh, 12 Oktober – 27 November lalu.

“Peserta diklat diharapkan setelah mengikuti rangkaian acara diklat ini selain melakukan 3 perubahan dalam hal knowledge, skill dan attitude diharapkan dapat bekerja lebih profesional lagi,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, PhD, dalam acara penutupan Diklat, Jumat (27/11).

Aulia menjelaskan, Arsiparis Unpad juga diharapkan memiliki tiga unsur kemampuan, yaitu “head”, “hand”, dan “heart”. “Head” diaplikasikan pada pengetahuan yang baik, “hand” diaplikasikan lewat kemampuan, sedangkan “heart” berarti harus mencintai proses arsiparis dengan sepenuh hati.

[irp]

“Sehingga dalam melaksanakan pekerjaan akan mendapat hasil yang maksimal dan tercapai semua tujuan dari terciptanya tatanan organisasi yang baik,” papar Aulia.

Lebih lanjut Aulia mengatakan, Diklat Arsiparis ini diikuti oleh 30 orang Arsiparis Unpad. Peserta tidak hanya mendapatkan beragam materi terkait ilmu kearsipan saja, tetapi mendapatkan beragam kemampuan nonteknis lainnya, sehingga harus diaplikasikan untuk mewujudkan perubahan Unpad yang lebih baik.

Kepala Kantor Arsip Unpad Nyi Raden Anita Trikusumawati, M.M., mengatakan, diklat ini diharapkan bisa mengaktualisasikan berbagai materi yang didapat.

“Semoga bisa mengaktualisasikan apa yang seharusnya dilakukan arsiparis dengan head pikiran, hand perbuatan dan heart hati, mencintai dengan dedikasi sepenuh hati pada profesinya,” ungkapnya.

Salah satu peserta, Wini Rahayu mengaku memperoleh banyak ilmu kearsipan. Arsiparis di Fakultas Kedokteran ini akan segera mengimplementasikan ilmu tersebut di unit kerjanya.

“Saya mengetahui langkah-langkah dalam mengelola arsip yang baik sesuai pedoman yang berlaku,” ujarnya.(art)*

Share this: