Ingin Sukses Berkarier, Temukan “Passion” yang Tepat

Laporan oleh Arif Maulana

passion
Ketua Ikatan Alumni Unpad Irawati Hermawan menjadi pembicara pada seminar daring “Build a Sustainable Career” yang digelar Pusat Pengembangan Karier Unpad bekerja sama dengan Paragon, Kamis (12/11).*

[unpad.ac.id, 13/11/2020] Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (Ika Unpad) Irawati Hermawan memberikan tips bagaimana membangun karier gemilang bagi para lulusan Unpad. Menurutnya, hal utama yang diperlukan untuk membangun karier adalah menemukan passion yang tepat.

Passion yang tepat sangat penting, karena karier akan dibangun dalam belasan/puluhan tahun,” ujar Irawati saat menjadi pembicara pada seminar daring “Build a Sustainable Career” yang digelar Pusat Pengembangan Karier Unpad bekerja sama dengan Paragon, Kamis (12/11).

Alumnus Fakultas Hukum Unpad angkatan 1987 ini menjelaskan, membangun karier dengan passion yang tidak sesuai akan melahirkan banyak kendala, seperti cepat stres atau bisa membuat kariernya mandeg.

Jika seorang lulusan memiliki banyak passion, ini juga bisa menjadi peluang yang baik. Irawati menjelaskan, tidak ada salahnya untuk mengombinasikan berbagai passion tersebut untuk menunjang karier yang diinginkan.

[irp]

“Tapi tetap di sela waktu luang pikirkan lagi mana passion yang saya sukai, cintai, dan inginkan,” kata praktisi hukum tersebut.

Usai menemukan passion yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan mimpi. Lulusan jangan takut untuk menciptakan mimpi. Ciptakan mimpi yang setinggi mungkin.

Irawati mengatakan, kalau seorang lulusan ragu untuk menentukan mimpinya, ini akan sangat menghambat kariernya di masa depan. Banyak berkomunikasi dan menjalin jejaring merupakan kunci agar seorang lulusan optimistis membangun mimpinya.

Kemudian, tentukan target apa yang akan dicapai saat membangun karier. Ambil berbagai kesempatan untuk mengembangkan passion lewat beragam pelatihan dan pendidikan. Selain itu, temukan eksosistem tepat yang bisa mendukung passion.

Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., mengatakan, seminar daring ini diikuti oleh para lulusan dan mahasiswa tingkat akhir Unpad.

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Arief S. Kartasasmita ini juga menghadirkan pembicara lainnya, yaitu Head of Strategic Partnership and Business Development Citi Indonesia Nining Suryani (Alumnus FISIP Unpad), Recuritmen & Assesment Head PT. Astra International Valentina Maria (Alumnus Fapsi Unpad), serta EVP & Chief Human Resource Officer PT. Paragon Ana Miftahuddin Amin (Alumnus FMIPA dan FEB).*

Share this: