Sebanyak 22 Mahasiswa Unpad Siap Berlomba di Peksiminas 2020

Sebanyak 22 mahasiswa akan menjadi delegasi Universitas Padjadjaran di ajang

Laporan oleh Arif Maulana

Sebanyak 22 mahasiswa akan menjadi delegasi Universitas Padjadjaran di ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) ke-15 tahun 2020 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 14 November mendatang.*

[unpad.ac.id, 23/10/2020] Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Padjadjaran lolos untuk mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) ke-15 tahun 2020 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Tahun ini, Peksiminas digelar secara daring.

Koordinator pelaksana Peksiminas Unpad Dr. Aceng Abdullah, M.Si., mengatakan, tahun ini Unpad mengirimkan mahasiswa untuk 14 dari 15 mata tangkai lomba, antara lain: tunggal pop, monolog, baca puisi, penulisan cerpen, fotografi, desain poster, seni tari, penulisan puisi, penulisan lakon, komik strip, tunggal dangdut, tunggal seriosa, seni lukis, dan grup vokal.

“Satu tangkai seni yaitu menyanyi keroncong, kita tidak ikuti,” ujar Aceng saat diwawancarai Kantor Komunikasi Publik Unpad, Kamis (22/10).

[irp]

Lebih lanjut Aceng menjelaskan, karena tahun ini Peksiminas digelar di tengah pandemi Covid-19, maka pelaksanaannya menggunakan metode virtual. Peserta hanya diminta untuk mengirimkan karya berupa fisik untuk tangkai penciptaan seni serta rekaman video untuk tangkai seni pertunjukan.

Rangkaian seleksi tingkat universitas dilakukan sejak 10 Oktober lalu. Mengingat waktu seleksi yang terbilang cepat, seleksi dilakukan dengan melihat portofolio para pelamar. Penilaian portofolio dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari para dosen di lingkungan Unpad.

“Secara materi karya para peserta tahun ini lebih bagus,” imbuhnya.

Dosen Program Studi Jurnalistik Unpad ini mengatakan, pelaksanaan Peksiminas ke-15 akan digelar pada 14 November mendatang. Karena itu, para mahasiswa selanjutkan akan mengikuti pemantapan oleh tim pendamping.

[irp]

Selain pemantapan, tim juga melakukan prediksi atas sejumlah tema yang akan ditetapkan di Peksiminas. Ini dlakukan mengingat sampai saat ini panitia pusat Peksiminas belum menetapkan tema dari karya yang akan dilombakan.

“Saya memprediksikan tema-tema di sejumlah tangkai seni itu berdekatan dengan masalah yang sedang aktual, yaitu Covid-19,” ujarnya.

Diharapkan, Unpad dapat kembali meraih medali di ajang 2 tahunan ini. Sebelumnya, delegasi Unpad sudah banyak meraih medali di ajang Peksiminas.*

Share this: